ANALISIS PERAN ZAKAT TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT MISKIN TERDAMPAK WABAH CORONA (Studi di Desa Jatimulyo, Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan)

YULI, YANTO (2022) ANALISIS PERAN ZAKAT TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT MISKIN TERDAMPAK WABAH CORONA (Studi di Desa Jatimulyo, Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Bab 1 & 5 Yuli Yanto.pdf] PDF
Download (452kB)
[thumbnail of Skripsi Fix Yuli Yanto Unesco ok cetak.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu cara menanggulangi kemiskinan dalam Islam adalah adanya dukungan dari orang yang mampu untuk mengeluarkan harta kekayaan mereka yaitu berupa zakat, zakat sangat strategis dan berpengaruh pada tingkah laku ekonomi manusia serta pembangunan ekonomi, sehingga dapat mengurangi perbedaan kelas dan ketimpangan ekonomi yang terlalu jauh. Kemiskinan diperparah adanya pandemi virus corona atau covid-19 pada akhir tahun 2019 membuat bencana non alam yang dampaknya begitu dahsyat. Tidak hanya mengakibatkan banyak masyarakat yang meninggal, pandemi ini juga mengakibatkan pengangguran dan kemiskian yang meningkat. Karena zakat merupakan salah satu dari rukun Islam yang wajib dijalankan oleh pemeluk Islam dan dapat dijadikan sebagai lokomotif meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maka pemerintah perlu memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan atasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran zakat terhadap perkonomian warga miskin di Desa Jatimulyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif analisis yaitu teknik untuk menggambarkan atau menjelaskan data yang terkait dengan pembahasan, dimana teknik ini menggambarkan tentang peran zakat terhadap perekonomian masyarakat miskin terdampak corona di Desa Jatimulyo, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa zakat di Desa Jatimulyo belum berperan secara signifikan untuk mengangkat derajat fakir miskin dan mengentaskan kemiskinan. Karena zakat yang diterima belum sepenuhnya dikelola dan digunakan untuk mengembangkan atau membuka usaha. Hanya ada beberapa saja yang menggunakan zakat itu untuk membuka atau mengembangkan usahanya dengan tujuan untuk memperbaiki keadaan ekonomi. Kata Kunci: Zakat, Perokonomian, Masyarakat Miskin, Covid-19, Perspektif Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2022 06:08
Last Modified: 08 Mar 2022 06:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18278

Actions (login required)

View Item View Item