ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA PASANGAN SUAMI ISTERI DI BAWAH UMUR (Studi di Desa Suka Jaya Kecamatan Sungkai Jaya Kabupaten Lampung Utara)

FIRDAWATI, HERYADI PUTRI (2022) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA PASANGAN SUAMI ISTERI DI BAWAH UMUR (Studi di Desa Suka Jaya Kecamatan Sungkai Jaya Kabupaten Lampung Utara). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Firdawati Heryadi Putri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Setiap keluarga mempunyai upaya masing-masing dalam mewujudkan keluarga sakinah, dalam upaya yang dilakukan terdapat berbagai macam kendala yangdihadapi, pada umumnya pernikahan di bawah umur berjalan dengan tidak harmonis karena belum siapnya memikul beban hidup dan tanggung jawab, sehingga berpotensi ketidak harmonisan dalam pernikahan atau berakhir dengan perceraian. Juga terjadi pernikahan di bawah umur di Desa Suka Jaya Kecamatan Sungkai Jaya Kabupaten Lampung Utara. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu pertama bagaimana proses pembentukan keluarga sakinah pada pasangan suami isteri di Desa Suka Jaya Kecamatan Sungkai Jaya. Kedua bagaimana analisis hukum Islam terhadap pembentukan keluarga sakinah pada pasangan suami isteri di bawah umur di Desa Suka Jaya Kecamatan Sungkai Jaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan keluarga sakinah pada pasangan suami isteri di Desa Suka Jaya Kecamatan Sungkai Jaya dan untuk mengetahui bagaimana analisis hukum islam terhadap pembentukan keluarga sakinah pada pasangan suami isteri di Desa Suka Jaya Kecamatan Sungkai Jaya. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dari sifatnya penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu salah satu penelitian yang bertujuan untuk menyajikan gambaran mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial, dan pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis menyebutkan bahwa : pertama, Proses pembentukan keluarga sakinah pada pasangan yang melakukan pernikahan di bawah umur di Desa Suka Jaya Kecamatan Sungkai Jaya adalah adanya saling terbuka, membangun landasan keluarga dengan agama yang kuat, kejujuran antar pasangan, saling menghormati dan menghargai satu sama lain,musyawarah, sabar, keteladanan dan kesetiaan dalam kondisi apapun. Kedua, Analisis hukum Islam terhadap pembentukan keluarga sakinah pada pasangan suami isteri di bawah umur di Desa Suka Jaya sesuai dengan hukum Islam, meskipun tingkatan kriteria keluarga sakinah pada pasangan yang menikah di bawah umur belum mencapai tingkatan yang sempurna, namun pasangan ini sudah berusaha untuk menjadikan keluarga nya keluarga yang sakinah. Selain itu pasangan ini menikah bukan hanya semata-mata untuk memiliki anak tetapi pasangan ini mengurus anak-anak nya dengan baik, karena anak adalah titipan Tuhan yang patut mereka jaga dan didik sebaik mungkin. Kata kunci :Bawah Umur, Keluarga Sakinah, Pernikahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2022 05:58
Last Modified: 08 Mar 2022 05:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18272

Actions (login required)

View Item View Item