HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP ELEKTRONIC�WORD OF MOUTH DENGAN INTENSI MEMBELI ONLINE PRODUK FASHION PADA MAHASISWA

FITRIYANI, SARIPUDIN (2022) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP ELEKTRONIC�WORD OF MOUTH DENGAN INTENSI MEMBELI ONLINE PRODUK FASHION PADA MAHASISWA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1,5 & DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FITRIYANI (1731080027).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Antara Persepsi Terhadap Elektronic-Word Of Mouth Dengan Intensi Membeli Online Produk Fashion Pada Mahasiswa Oleh: Fitriyani Intensi membeli merupakan tahapan terakhir yang dilakukan oleh konsumen dalam mempertimbangkan keputusan membeli. Semakin kuat intensi yang dimiliki seseorang terhadap perilaku tertentu, maka semakin besar kemungkinan seseorang dalam menampilkan perilakunya. Proses penjualan barang dan jasa telah banyak dilakukan melalui toko-toko online. Dengan adanya perkembangan teknologi mempermudah seseorang dalam mencari produk atau jasa yang mereka inginkan, namun ada pula rasa ketidakpuasan konsumen terhadap situs belanja online. Sehingga sebelum membeli konsumen mencari tahu dulu informasi mengenai produk atau jasa yang mereka inginkan. Informasi ini diperoleh melalui e-WOM dimana konsumen lain menyampaikan pengalamannya dalam menggunakan produk atau melalui media sosial, blog, forum diskusi online dan ulasan online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap e-WOM dengan intensi membeli online. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Psikologi Islam angkatan 2019 di UIN Raden Intan Lampung yang berjumlah 64 mahasiswa, dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi yaitu skala intensi membeli berjumlah 27 aitem (α=0,831) dan skala persepsi terhadap e-WOM berjumlah 21 aitem (α=0,956). Teknik analisis menggunakan product moment yang di bantu dengan program SPSS 22.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan hasil korelasi rxy=0,644 dan koefisien determinasi (r²)=0,415 dengan p=0,000 (p<0,01), ada hubungan signifikan antara persepsi terhadap e-WOM dengan intensi membeli. Dari hasil tersebut maka didapat persepsi terhadap e-WOM memberikan sumbangan efektif sebesar 41,5% terhadap variabel terikat dan 58.5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Kata Kunci: Intensi Membeli, Persepsi Terhadap Elektronic-Word Of Mouth

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2022 05:58
Last Modified: 08 Mar 2022 05:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18271

Actions (login required)

View Item View Item