PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN KEMASAN (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung)

DINI, MONETA (2022) PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN KEMASAN (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Dini moneta BAB 1-5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Makanan kemasan sudah sangat banyak beredar di pasaran saat ini. Banyak makanan kemasan yang masuk baik dari dalam maupun luar negeri, oleh karena itu setiap makanan kemasan harus mempunyai label halal untuk melindungi konsumen muslim. Islam menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang halal, baik, menyehatkan, serta bermanfaat bagi tubuh, karena setiap makanan itu akan menjadi sumber energi bagi manusia untuk beribadah kepada Allah. Dengan adanya label halal pada makanan kemasan dapat mempengaruhi konsumen dalam pembelian produk makanan kemasan. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah adakah pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk makanan kemasan mahasiswa/i FEBI dan bagaimana konsumsi dalam perspektif Ekonomi Islam, sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian Mahasiswi FEBI UIN Raden Intan Lampung dan konsumsi dalam perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan skunder. Responden yang dijadikan sampel dalam penilitian ini sebanyak 97 orang. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Variabel label halal berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian hal ini dilihat dari signifikan Label Halal sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari dari tingkat signifikansi yang digunakan yaitu 0,05 dan dapat juga dilihat dari t hitung sebesar 6.751 yang berarti t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 1.662. Keputusan pembelian mahasiswi didasarkan dengan adanya label halal pada kemasan produk, pemilihan produk berlabel halal didasarkan pada keyakinan dan sikap mahasiswi untuk membeli produk berlabel halal. Pernyataan ini sesuai dengan Philip Kotler yang mengatakan bahwasannya keyakinan dan sikap mempengaruhi perilaku pembelian individu. Dan keputusan mahasiswi menggunakan produk kosmetik halal, hal ini sesuai dengan konsumsi dalam Islam. ii Pencantuman label halal juga sangat mempengaruhi dalam keputusan membeli produk makanan kemasan, dengan adanya label halal memberikan rasa aman dan yakin terhadap mahasiswa/i kampus UIN Raden Intan Lampung dalam membeli makanan kemasan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa/i paham terhadap label halal dan adanya label halal sangat mempengaruhi keputusan mahasiswa/i dalam membeli produk makanan kemasan. Kata Kunci: Label Halal,Keputusan Pembelian makanan kemasaN.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2022 05:50
Last Modified: 08 Mar 2022 05:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18268

Actions (login required)

View Item View Item