ANALISIS PERAN HOME INDUSTRY PERKOTAAN DALAM MEMBERDAYAKAN PELAJAR SMK DARI DESA TANGGAMUS DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Home Industry Al-Risna Komputer, Bandar Lampung)

RIVALDI, OLVANDO (2022) ANALISIS PERAN HOME INDUSTRY PERKOTAAN DALAM MEMBERDAYAKAN PELAJAR SMK DARI DESA TANGGAMUS DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Home Industry Al-Risna Komputer, Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Final Rivaldi B5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan data yang ada di lapangan mengatakan bahwa pelajar lulusan tingkat kejuruan (SMK) merupakan lulusan yang banyak mengalami pengangguran paska kelulusan. Pemberdayaan merupakan upaya untuk membuat suatu individu memiliki daya saing yang tinggi dan dengan keberdayaannya dapat mejauhkan diri dari pengangguran. Pemberdayaan merupakan suatu upaya yang ditujukan kepada orang-orang yang sudah dewasa untuk belajar sehingga dalam pemberdayaan dapat menggunakan konsep teori Andragogi. Teori Andragogi merupakan seni dalam membantu orang dewasa belajar dan dalam prinsipnya teori Andragogi berdasar pada kesiapan peserta didik untuk belajar. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran Home Industry Al-Risna Komputer dalam memberdayakan pelajar SMK dari desa Tanggamus di masa pandemi COVID-19? (2) Faktor apa saya yang mempengaruhi pemberdayaan Home Industry Al-Risna Komputer terhadap pelajar SMK dari desa Tanggamus? (3) Bagaimana pemberdayaan Al-Risna Komputer terhadap pelajar SMK dari desa Tanggamus yang diberdayakan saat pandemi COVID-19 dalam perspektif Ekonomi Islam?. Tujuan Penelitian ini yaitu (1) Mengetahui bagaimana bentuk peran Home Industry Al-Risna Komputer dalam memberdayakan pelajar SMK dari desa Tanggamus di masa pandemi COVID-19, (2) Mengetahui faktor apa saya yang mempengaruhi Home Industry Al�Risna Komputer dalam memberdayakan pelajar SMK dari desa Tanggamus., (3) Memahami bagaimana pemberdayaan Home Industry Al-Risna Komputer terhadap pelajar SMK dalam perspektif Ekonomi Islam. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui teknik wawancara kepada para sampel. Data yang digunakan pada penelitian ini ialah data primer dan data sekunder. Data tersebut bersumber dari home industry Al-Risna Komputer, Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran Al-Risna Komputer dalam memberdayakan pelajar yaitu dengan membentuk karakter iii pelajar meliputi karakter wirausaha yang memperhatikan keagamaannya dalam setiap aktivitas yang dijalani, membentuk keterampilan pelajar sehingga pelajar menjadi berdaya, dan meningkatkan kemampuan intelektual pelajar sehingga pelajar menjadi kreatif dan inovatif. Sedangkan untuk faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan Al-Risna Komputer dipengaruhi oleh faktor internal dari dalam diri pelajar dan Al-Risna Komputer serta faktor eksternal dari luar diri pelajar dan juga Al-Risna Komputer, keduanya bersifat di sengaja maupun tidak di sengaja. Ekonomi Islam memandang pemberdayaan yang dilakukan Al-Risna Komputer sudah berkaitan dengan aktualisasi nilai Islam dalam pemberdayaan pelajar itu sendiri sehigga pemberdayaan yang dilakukan Al-Risna Komputer sesuai dengan pandangan Islam. Kata Kunci : Pemberdayaan, Home Industry, Pelajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2022 05:42
Last Modified: 08 Mar 2022 05:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18261

Actions (login required)

View Item View Item