ANALISIS EFEKTIVITAS BALAI LATIH KERJA DALAM MENINGKATKAN POTENSI ANGKATAN KERJA MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Balai Latih Kerja Kota Bandar Lampung)

RIA, ANGGRAINI (2022) ANALISIS EFEKTIVITAS BALAI LATIH KERJA DALAM MENINGKATKAN POTENSI ANGKATAN KERJA MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Balai Latih Kerja Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Ria Anggraini_1651010495.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sumber daya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan. Sumber daya tidak selalu bersifat fisik, tetapi juga non-fisik (intangible).. Dengan Sumber Daya Manusia yang handal maka kegiatan organisasi akan terselesaikan dengan baik. Pemberdayaan angkatan kerja merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan potensi angkatan kerja. Terutama bagi masyarakat yang tidak memiliki peluang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. UPTD BLK Bandar Lampung adalah sebuah wadah yang menampung kegiatan pelatihan yang fungsinya untuk memberikan dan memperoleh, meningkatkan, serta, mengembangkan, keterampilan, produktivitas, disiplin, sikap kerja dan etos kerja yang pelaksanaannya lebih mengutamakan praktek dari pada teori. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana Efektivitas Balai Latihan Kerja dalam meningkatkan potensi angkatan kerja di balai latihan kerja Bandar lampung? Bagaimana Efektivitas Balai Latihan Kerja dalam meningkatkan potensi angkatan kerja menurut Perspektitf Ekonomi Islam? Adapun tujuannya yaitu Untuk mengetahui efektivitas program pelatihan Balai Latihan Kerja Bandar Lampung dalam meningkatkan potensi angkatankerja dan untuk mengetahui potensi angkatan kerja yang sudah mengikuti pelatihan di balai latihan kerja Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, Populasi dalam penelitian ini yaitu 240 peserta dan sample yang digunakan sebanyak 15% dari 240 peserta (36 partisipan). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan Pelatihan yang diadakan oleh UPTD BLK Bandar Lampung telah efektif dan mampu meningkatkan potensi angkatan kerja para alumni pelatihan angkatan tahun 2020 UPTD BLK Bandar Lampung bahwasanya alumni UPTD BLK Bandar lampung telah dapat mengembangkan karir mereka, baik dengan mendapatkan pekerjaan atau dengan membuka usaha baru. pelatihan yang diadakan oleh BLK Bandar Lampung berguna untuk membekali pengetahuan, wawasan, dan keprofesionalitasan kepada peserta dalam berbagai bidang kejuruan dan memberikan motivasi untuk berusaha mandiri serta semangat kerja. sasaran kegiatan ini pun tercapai dengan terciptanya angkatan kerja yang terampil, disiplin, tepat waktu dan memiliki etos kerja. Dalam pandangan Islam UPTD BLK Bandar Lampung melahirkan nilai-nilai sumber daya insani (tenaga kerja) yang memiliki nilai Kafa’ah (professional), himmatul-amal (motivasi dan etos kerja), amanah (terpercaya dan bertanggungjawab), dan fathanah (cerdas). Kata Kunci : Efektifitas, Potensi Angkatan Kerja, BLK Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2022 04:43
Last Modified: 08 Mar 2022 04:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18258

Actions (login required)

View Item View Item