PELAKSANAAN LAYANAN RESPONSIF DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR DARING PESERTA DIDIK KELAS XII OTKP DI SMK PERSADA BANDAR LAMPUNG 2020/2021

Yuningsih, Lasmin (2022) PELAKSANAAN LAYANAN RESPONSIF DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR DARING PESERTA DIDIK KELAS XII OTKP DI SMK PERSADA BANDAR LAMPUNG 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL YUNINGSIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai pelanggaran dalam hal kedisiplinan belajar daring. Dalam upaya meningkatkan kedisiplinan belajar daring tidak mudah dicapai, karena terdapat banyak faktor yang mempengaruhi peserta didik melakukan pelanggaran disiplin belajar. Faktor tersebut antara lain kurangnya minat peserta didik terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung, bermain game, dan pengaruh lingkungan. Berdasarkan pemasalahan tersebut peneliti melaksanakan penelitian dengan pelaksanaan layanan responsif dengan teknik behavioral contract dalam meningkatkan disiplin belajar daring pada peserta kelas XII OTKP didik di SMK Persada Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, dan pelaksanaan layanan responsif dengan teknik behavioral contract dalam meningkatkan kedisiplinan belajar daring. Sampel penelitian berjumlah 5 peserta didik kelas XII OTKP (Otomatisasi & tata kelola perkantoran) dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan layanan responsif dengan teknik behavioral contract dalam meningkatkan disiplin belajar daring pada peserta didik kelas XII OTKP di SMK Persada Bandar Lampung telah dilaksanakan dengan baik dan terdapat perubahan pada peserta didik terlihat dari absensi dan catatan buku kasus yang tidak lagi melanggar tata tertib sekolah. Kata kunci : Disiplin Belajar, Behavioral Contract, Layanan Responsif iii ABSTRACT The problem in this study is about violations in terms of online learning discipline. In an effort to improve online learning discipline, it is not easy to achieve, because there are many factors that influence students to violate learning discipline. These factors include the lack of student interest in ongoing learning, playing games, and the influence of friends. Based on these problems, researchers carried out research by implementing responsive services with behavioral contract techniques in improving online learning discipline for class XII OTKP students at SMK Persada Bandar Lampung in the 2020/2021 school year. The purpose of this research is to find out how the planning, implementation and evaluation of responsive services with behavioral contract techniques in improving online learning discipline. The research sample amounted to 5 students of class XII OTKP (Automation & Office Management) and the method used in this study was to use a qualitative descriptive research design with data collection techniques using triangulation namely observation, interviews and documentation. The results of this study indicate that the implementation of responsive services with behavioral contract techniques in improving online learning discipline in class XII OTKP students at SMK Persada Bandar Lampung has been carried out well and there are changes in students seen from attendance and case book notes that no longer violate the rules. school order. Keywords: Learning Discipline, Behavioral Contract, Responsive Service

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:55
Last Modified: 07 Mar 2022 07:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18234

Actions (login required)

View Item View Item