ANALISIS PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) TERHADAP PENDAPATAN PERTANIAN LOKAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Margodadi Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran)

LIAN, FASMAWI RAMADHAN (2022) ANALISIS PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) TERHADAP PENDAPATAN PERTANIAN LOKAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Margodadi Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pada dasarnya, sumber daya manusia sangat dibutuhkan oleh suatu organisasi. Pengembangan sumber daya manusia adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mengembangkan pengetahuan, keahlian, dan kemampuan pekerja, demikian juga dengan kompetensi-kompetensi yang dikembangkan melalui pelatihan dan pengembangan. Pembelajaran organisasi, manajemen kepemimpinan, dan manajemen pengetahuan untuk kepentingan peningkatan kinerja. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana pengembangan sumber daya manusia (SDM) terhadap pendapatan petani lokal di Desa Margodadi ? Bagaimana pandangan ekonomi Islam tentang pengembangan sumber daya manusia (SDM) terhadap pendapatan petani lokal di Desa Margodadi ? tujuan dari penelitian ini yaituUntuk mengetahui pengembangan sumber daya manusia (SDM) terhadap pendapatan petani lokal Desa Margodadi. (Untuk mengetahui pandangan ekonomi Islam tentang pengembangan sumber daya manusia (SDM) terhadap pendapatan petani lokal Desa Margodadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang termasuk penelitian lapangan, penelitian ini bersifat deskriptif analisis yang menggunakan populasi,sampel, dan teknik pengambilan sampel. Dengan sumber data primer dan sekunder yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah keseluruhan data terkumpul selanjutnya dilakukan analisis dengan cara berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Pengembangan sumber daya manusia petani Desa Margodadi yang dilakukan oleh Gapoktan Tata Raharja terhadap pendapatan petani ialah semata untuk meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani, melalui program dan kegiatan yang telah diberikan membuat pengetahuan, wawasan dan ketrampilan petani menjadi handal dan mandiri sehingga hasil prouduktivitas petani berkulitas bagus dan pendapatan para petani menjadi meningkat. Pengembangan sumber daya manusia petani yang dilakukan oleh Gapoktan Tata Raharja dan pemerintah terhadap petani Desa Margodadi melalui program dan kegiatan-kegiatan yang memberikan petani pengetahuan, pendidikan serta wawasan petani sudah dapat memenuhi kebutuhan hidupnya seperti Daruriyah dan Hijiat deengan peningkatan pendapatan yang sekarang dan telah menerapkan prinsip ta’awun. Kata kunci: SDM Petani, Pendapatan PetaniLokal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:53
Last Modified: 07 Mar 2022 07:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18233

Actions (login required)

View Item View Item