ANALISIS DAMPAK PERTAMBANGAN PASIR TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Tambang Pasir Sungai Semaka di Desa Kanoman Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus )

YONGKI, BAGAS SAPUTRA (2022) ANALISIS DAMPAK PERTAMBANGAN PASIR TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Tambang Pasir Sungai Semaka di Desa Kanoman Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus ). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dengan meningkatnya penggunaan sumber daya alam akan diikuti pula dengan meningkatnya kerusakan lingkungan. Hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian untuk menjaga keseimbangan antara tingkat pembangunan dan kelestarian sumber daya alam. Permasalahan lingkungan hidup (enveriomental problems) memang menjadi isu global dunia yang harus di tangani secara terencana dan terintegrasi oleh pemerintah dan masyarakat secara langsung. Semua kekayaan bumi, baik biotik maupun abiotik, yang dapat dimanfaatkan untuk kesejehteraan manusia . Seperti kerusakan lingkungan dengan kegiatan eksploitasi pasir sungai yang terjadi juga di sungai pasir semaka yang berada dekat dengan Desa Kanoman yang dimana panjang sungai way semaka ini mencapai 90 Km dengan daerah aliran 90.818,71 Km2 . Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: bagaimana dampak pertambangan pasir Desa Kanoman terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Kanoman dan bagaimana menurut padangan ekonomi islam dampak pertambangan pasir Desa Kanoman terhadap kesejahteraan masayarakat Desa Kanoman. Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak pertambangan pasir Desa Kanoman terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Kanoman dan untuk mengetahui padangan ekonomi Islam tentang dampak pertambangan pasir Desa Kanoman terhadap kesejahteraan masayarakat Desa Kanoman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jumlah sampel 75 yang terdiri dari 50 pekerja dan 25 pemilik petambang pasir, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Dengan metode pengumpulan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisi data dalam penelitian ini dampak dari adanya pertambangan pasir Desa Kanoman ada dua yaitu dampak positif yang berimas pada perekonomian masyarakat yaitu peningkatan pendapatan dan dampak negatif berimbas pada kerusakan lingkungan seperti pencemaran air menjadi keruh, polusi udara, peningkatan kebisingan, dan kerusakan infrastruktur. Perubahan positif yang dirasakan sangat sedikit ketimbang dampak negatif, dampak negatif yang diakibatkan oleh pertambangan pasir membuat penurunan pada kualitas kesejahteraan seperti kesehatan, keamanan, sosial dan infrastruktur. Dalam pandagan Ekonomi Islam aktivitas pertambangan pasir Desa Kanoman membuat dampak negatif pada kerusakan dan pencemaran lingkungan yang dapat mengancam iii kemaslahatan manusia dan mengabaikan syariat Islam atau maqashid as-syariah maka dari itu dalam pandangan Islam pertambangan pasir di Desa Kanoman dilarang dikarenakan tidak sesuai dengan tujuan syariat Islam atau maqashid as-syariah dengan pencapian lima tujuan dasar yaitu al-dien, nafs, maal, nasl dan aql. Selain itu pertambangan pasir Desa Kanoman tidak sesuai dan melanggar prinsip-prinsip Ekonomi Islam seperti : Prinisp Keadilan, Keseimbangan, Kebebasan dan Khalifah. Kata Kunci: Pertambangan Pasir dan Kesejahteraan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:51
Last Modified: 07 Mar 2022 07:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18231

Actions (login required)

View Item View Item