ANALISIS PERPUTARAN PERSEDIAAN BARANG DAGANG DAN JUMLAH KARYAWAN TERHADAP PENINGKATAN LABA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Toko Grosir Putra Aneka Pasar Tengah Bandar Lampung)

DESI, RATNASARI (2022) ANALISIS PERPUTARAN PERSEDIAAN BARANG DAGANG DAN JUMLAH KARYAWAN TERHADAP PENINGKATAN LABA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Toko Grosir Putra Aneka Pasar Tengah Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BABA 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Desi Ratnasari_1651010336.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kelangsungan hidup perusahaan dipengaruhi oleh banyak hal antara lain laba perusahaan itu sendiri. Laba merupakan salah satu faktor untuk menilai baik buruknya kinerja perusahaan. Laba yang tinggi menunjukkan semakin baik perusahaan dalam menjalankan operasinya sehingga mampu digunakan untuk menunjang kegiatan operasi perusahaan dan kelangsungan hidup perusahaannya. Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Adalah: Bagaimana Pengaruh Secara Persial dan simultan Perputaran persediaan barang dagang dan jumlah karyawan terhadap peningkatan laba di toko Grosir Putra Aneka Pasar Tengah Bandar Lampung. Bagaimana perputaran persediaaan barang dan laba menurut perspektif islam. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari data yang diambil melalui pemilik toko putra aneka lampung. Analisis data yang digunakan adalah. Metode analisis deskriptif kuantitatif yang diolah menggunakan spss versi 20.0.Variabel penelitian terdiri dari variabel dependen yaitu peningkatan laba (y) dan variabel independen yaitu perputaran persediaan barang dagang (xi), jumlah karyawan (x2). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perputaran persediaan barang dagang berpengaruh terhadap peningkatan laba. Dan disimpulkan variabel independen yaitu perputaran Persediaan barang dan jumlah karyawan berpengaruh positif secara simultan terhadap peningkatan laba. Peningkatan laba dalam perspektif ekonomi islam mendorong pandayagunaan harta melalui berbagai kegiatan ekonomi dan melarang untuk menganggurkan (idle). Bahkan dorongan ini secara khususnya sangat dianjur atau diperintahkan oleh Allah Swt kepada orang orang yang mendapatkan amanah untuk memelihara harta milik orang orang yang belum mampu atau melakukan bisnis dengan baik. Kata Kunci: Perputaran Persediaan, Jumlah Karyawan, Peningkatan Laba

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:48
Last Modified: 07 Mar 2022 07:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18228

Actions (login required)

View Item View Item