NALISIS EFEKTIVITAS PERATURAN HARGA GAS LIQUEFIEDPETROLEUM GAS (LPG) 3KG TERHADAP KELANCARAN USAHA DAN KESEJAHTERAAN PANGKALAN GAS LPG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pangkalan Kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran)

ILHAMSYAH, RIBHAN (2022) NALISIS EFEKTIVITAS PERATURAN HARGA GAS LIQUEFIEDPETROLEUM GAS (LPG) 3KG TERHADAP KELANCARAN USAHA DAN KESEJAHTERAAN PANGKALAN GAS LPG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pangkalan Kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1,BAB5, DAPUS  ILHAMSYAH.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ILHAMSYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh : Ilhamsyah Kelangkaan sangat berkaitan dengan pendistribusian gas elpiji dan banyak pangkalan yang memanfaatkan situasi kelangkaan tersebut untuk menjadikan alasan sehingga penjualan gas elpiji dapat melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET). Harga gas elpiji yang di terapkan pangkalan mulai dari Rp18.500 sampai dengan Rp20.000 dengan alasan perhitungan margin biaya operasional yang mencakup biaya transportasi dan gaji karyawan, Harga yang ditetapkan oleh pemerintah daerah adalah sebesar Rp.18.000, Studi lapangan penelitian ini di daerah Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini bertujuan melihat ketepatan peraturan harga yang ditetapkan oleh pemerintah daerah dalam penjualan gas elpiji 3 kg bersubsidi dan disorot dengan pandangan ekonomi islam, sehingga temuan-temuan di lapangan dicocokan dengan Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang sifatnya conten analisis, penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi langsung kelapangan Hasil penelitian ini menuturkan bahwa :1) Dalam SK yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah bertanda tangan Gubernur Lampung dikeluarkan pada tanggal 30 desember2019 telah menetapkan keputusan gubernur tentang penyesuaian harga eceran tertinggi (HET) liquefied petroleum gas (LPG) 3kg di Provinsi Lampung, sebagai berikut :, a)Harga jual di titik serah agen Rp. 12.750, b) Biaya operasional dan ongkos angkut Rp. 2.750, c) Margin pangkalan Rp.2.500, sehingga Harga eceran tertinggi gas elpiji 3Kg adalah sebesar Rp. 18.000. Pemerintah daerah telah menetapkan harga gas elpiji 3kg sebesar Rp. 18.000 yang berlaku mulai tanggal 1 januari 2020. 2) Dalam Penetapan harga eceran tertinggi gas elpiji 3kg bersubsidi pemerintah telah sesuai dengan melaksanakan perhitungan- perhitungan dasar sebagai berikut : a).Mempertimbangkan modal b).Memastikan keuntungan untuk pedagang, c). Melihat keadaan perekonomian masyarakat. iv Namun harga yang diterapkan pangkalan masih diatas harga yang diatur pemerintah, tetapi harga tersebut tidak memberatkan masyarakat atau masih dalam konteks transaksi suka sama suka sesuai dengan pandangan transaksi ekonomi islam Kata Kunci : Gas LPG 3Kg, Harga Eceran Tertinggi, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:46
Last Modified: 07 Mar 2022 07:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18227

Actions (login required)

View Item View Item