IMPLEMENTASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 33 BANDAR LAMPUNG

RIZKA, FEBRIANTI (2022) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 33 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of RIZKA FEBRIANTI_1711010284.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini kita berada pada kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangan pesat, banyak menimbulkan dampak dalam kehidupan khususnya dalam bidang pendidikan. Guru di tuntut untuk dapat menyeimbangi perkembangan teknologi yang begitu pesat, terlebih setelah covid 19 melanda Indonesia mulai bulan Maret tahun 2020 Pemerintah menetapkan proses kegiatan belajar mengajar dilakukan Daring atau Online. Sehingga disini teknologi sangat berperan selama proses belajar mengajar dengan menggunakan beberapa aplikasi yang dapat digunakan seperti google classroom, zoom, google meet dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 33 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Dalam pengambilan sampel sumber data peneliti menggunakan teknik non random sampling atau non probability dan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, tahap penyajian data, tahap penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tahap perencanaan Implementasi Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 33 Bandar Lampung yang pertama dilakukan adalah diadakannya pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak sekolah untuk membantu seluruh guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Pada tahap perencanaan pembelajaran daring dilaksanakan dengan membuat grup kelas online, membuat Silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) serta instrumen evaluasi pembelajaran (2) Tahap pelaksanaan penerapan Google Classroom sebagai media pembelajaran selama kegiatan belajar mengajar daring yaitu menggunakan metode penugasan. Dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan Google Classroom ii masih dirasa kurang efektif jika hanya menggunakan Google Classroom saja disini guru harus dapat menggabungkan beberapa media pembelajaran daring lainnya untuk membantu selama kegiatan belajar mengajar (3) Tahap evaluasi penerapan Google Classroom sebagai media pembelajaran masih sama seperti evaluasi saat tatap muka meliputi penilaian kognitif (pengetahuan) dinilai dari penguasaan materi, jawaban saat mengumpulkan tugas. Penilaian afektif (sikap) dinilai dari peserta didik memberikan tanggapan ketika guru menyampaikan materi, menggunakan kata-kata yang sopan dan santun saat bertanya kepada guru dalam grup kelas. Penilaian psikomotorik dapat dinilai dari video praktek sesuai dengan materi. Kata kunci: Google Classroom, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:42
Last Modified: 07 Mar 2022 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18220

Actions (login required)

View Item View Item