ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) TERHADAP KELANCARAN PRODUKSI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Home Industri Keripik Singkong Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah)

PUSPA, FITRI NURJANNAH (2022) ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) TERHADAP KELANCARAN PRODUKSI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Home Industri Keripik Singkong Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PUSPA FITRI NURJANNAH.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Bab 1 & 5 Puspa Fitri Nurjannah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) saat ini yang semakin canggih sehingga mendorong perkembangan perekonomian yang sangat pesat. Hal ini juga menimbulkan persaingan antar usaha semakin ketat, dapat dilihat dari semakin banyaknya home industri yang berdiri. Salah satunya home industri Keripik Singkong Adi. Keripik Singkong Adi merupakan home industri milik perorangan yang bergerak dalam bidang pembuatan keripik singkong. Bertempat di Desa Karang Endah Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode EOQ (Economic Order Quantity) dengan tujuan untuk mengoptimalkan penggunaan biaya produksi sehingga lebih efisien. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dimana metode ini berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang menggambarkan bagaimana pengendalian persediaan bahan baku pada home industri keripik singkong Adi di Desa Karang Endah Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Hasil analisis menunjukan apabila memakai metode Economic Order Quantity (EOQ), kuantitas pembelian bahan baku singkong yang optimal adalah sebesar 22,4 Ton ditahun 2018 dan 23,5 Ton ditahun 2019. Dengan frekuensi pembeliannya yaitu sama-sama 7 kali ditahun 2018 dan 2019. Untuk pembelian bahan baku minyak goreng yang optimal adalah sebesar 3.058 Liter ditahun 2018 dan 3.157 Liter ditahun 2019. Dengan frekuensi pembeliannya yaitu sama-sam 6 kali di tahun 2018 dan 2019. Dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ), selisih biaya total produksi untuk singkong adalah sebesar Rp. 2.101.946 di tahun 2018 dan Rp. 2.164.310 di tahun 2019. Sedangkan untuk minyak goreng adalah sebesar Rp. 336.007 di tahun 2018 dan Rp. 336.009 di tahun 2019. Dari data yang diperoleh, Maka dapat disimpulkan bahwa dalam pengendalian persediaan bahan baku home industri keripik singkong lebih efisien menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ). Kata Kunci : Ekonomi islam, kelancaran produksi, metode Economic Order Quantity (EOQ), dan pengendalian persediaan bahan baku

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:00
Last Modified: 07 Mar 2022 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18198

Actions (login required)

View Item View Item