PAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

MELFA, YORA (2022) PAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of MELFA YORA..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan akibat penyimpangan perilaku yang dilakukan peserta didik khususnya peserta didik yang sudah menginjak usia remaja, tidak hanya meresahkan pihak sekolah namun juga orang tua dan masyarakat. Penyebabnya pun bermacam- macam baik dari dalam diri peserta didik itu sendiri maupun dari luar individu. Sehingga didalam lingkungan sekolah, selain mengajarkan ilmu pengetahuan guru pun dituntut untuk mendidik karakter peserta didik dengan mengajarkan berbagai macam peraturan dan norma yang berlaku. Oleh karena itu penelitian ini meneliti tentang upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku menyimpang peserta didik. Penelitian yang dilakukan di SMKN 7 Bandar Lampung ini bertujuan untuk: mendeskripsikan bentuk penyimpangan perilaku yang dilakukan peserta didik di SMKN 7 Bandar Lampung, dan strategi atau upaya yang bisa dilakukan guru Bimbingan & Konseling untuk menanggulangi penyimpangan perilaku peserta didik di SMKN 7 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling dan wali kelas dari peserta didik yang menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, memaparkan data, dan kemudian menarik kesimpulan. Teknik pemeriksaan/pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: penyimpangan yang dilakukan peserta didik di SMKN 7 Bandar Lampung yaitu penyimpangan bersifat ringan (terlambat datang ke sekolah, bolos atau tidak absensi, tidak mengerjakan tugas dari guru) dan upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam menanggulanginya yaitu dengan strategi preventif dan represif (memberikan sanksi). Pertama identifikasi masalah sebagai dasar upaya kepada peserta didik, pemberian peringatan, nasehat, hukuman, melakukan pemanggilan kepada peserta didik yang bersangkutan, melakukan kerja sama dengan wali kelas, melakukan pengawasan, memanggil orang tua dan upaya terakhir adalah home visit atau kunjungan rumah yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling beserta wali kelas. Kata Kunci : Guru BK, Perilaku menyimpang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 06:36
Last Modified: 07 Mar 2022 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18183

Actions (login required)

View Item View Item