IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PAI KELAS XI DI SMKN 2 BANDAR LAMPUNG

Mirda, Julita (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PAI KELAS XI DI SMKN 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (798kB)
[thumbnail of SKRIPSI MIRDA JULITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Abstrak Pembelajaran yang berlangsung secara daring membuat beberapa peserta didik jenuh dan terkendala beberapa faktor lainnya yang berkaitan dengan jaringan internet saat KBM berlangsung secara daring yang dapat berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik, Melalui observasi yang dilakukan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi pembelajaran terhadap minat belajar siswa dalam pelajaran pai kelas 11 di smk negeri 2 bandar lampung dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi pembelajaran terhadap minat belajar siswa dalam pelajaran pai kelas 11 di smk negeri 2 bandar lampung. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun program pembelajaran serta menentukan strategi, metode dan media pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan minat belajar anak. Bila dilihat dari segi pengumpulan datanya, penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kualitatif deskriptif yakni penelitian yang prosesnya mengumpulkan dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata dari hasil subjek yang diamati melalui triangulasi teknik pengumpulan data, yang dilakukan dengan mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Data yang diperoleh dengan wawancara, lalu dicek dengan observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Dalam proses KBM, untuk mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan minat belajar peserta didik, pendidik tidak hanya menerapkan satu macam strategi pembelajaran saja, strategi pembelajaran yang diterapkan adalah Strategi Pembelajaran Afektif dan Strategi Pembelajaran Kontekstual, itu dilihat dari tahapan-tahapan pendidik dalam menjalankan ii proses belajar mengajar di kelas. Dalam proses penerapannya, guru telah menerapkan strategi pembelajaran dengan baik sehingga mampu meningkatkan minat peserta didik dalam pelajaran PAI. 2) Dalam proses penerapan strategi pembelajaran terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi jalannya KBM yaitu: a) Faktor Pendukung antara lain: sarana dan prasarana yang digunakan saat pembelajaran memadai dan mudah untuk diakses oleh peserta didik, penyampaian materi yang cukup jelas oleh pendidik, dan penggunaan strategi yang tepat oleh pendidik dalam proses pembelajaran. b) Faktor Penghambat antara lain: terdepat peserta didik terkendala sinyal dan kuota saat KBM berlangsung, dan kurangnya motivasi belajar dan kontrol oleh pendidik saat pembelajaran dimulai dan ditutup. Dari penelitian yang dilakukan, implementasi strategi pembelajaran yang diterapkan mampu menimbulkan minat belajar peserta didik saat pembelajaran dinilai dari berbagai respon peserta didik saat pembelajaran berlangsung. Kata Kunci: Implementasi Strategi Pembelajaran, penelitian, pertimbangan, minat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 06:30
Last Modified: 07 Mar 2022 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18178

Actions (login required)

View Item View Item