Kemampuan manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah tsanawiah nurul islam Gunung Sari Ulubelu Kabupaten Tanggamus

Muhtar, Muhammad (2017) Kemampuan manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah tsanawiah nurul islam Gunung Sari Ulubelu Kabupaten Tanggamus. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (436kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Tesis.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tidak lepas dari peran Kepala Madrasah dalam menerapkan manajemen mutu pada organisasi yang dipimpinya. Apabila Kepala Madrasah dapat menerapkan kemampuan manajerial dalam meningkatkan mutu maka pembelajaran yang ada di madrasah yang dipimpinya akan menjadi lebih bermutu lagi. Akan tetapi kenyataanya yang ada di MTs Nurul Islam Gunung Sari Ulubelu Kabupaten Tanggamus Kepala Madrasah sudah menerapkan kemapuan manajerial dalam meningkatkan mutu pembelajaran dengan baik namun mutu pembelajaran masih kurang bermutu hal ini dapat dilihat dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan belajar mengajar. Untuk itu penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh masalah tersebut. Dalam penelitian ini penulis merumuskan masalah sebagai berikut: bagaimana Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Gunung Sari Ulubelu Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini termasuk dalam jenis field research atau penelitian lapangan sebagai pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yakni penelitian yang digunakan untuk mencari data yang berasal dari lapangan, juga hasil dari wawancara, dokumentasi dan observasi yang diperoleh dari pencatatanapa adanya tentang kondisi obyektif yakni metode yang digunakan untuk membuat generalisasi, kemudian dianalisis dengan mengunakan metode analisis deskriptif. Dari penelitian yang dilakukan, dapat dijelaskan hal-hal sebagai berikut: Pertama Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Gunung Sari sudah baik, ini dilihat dari kemampuan/keterampilan/kecakapan konseptual, keterampilan/kecakapan kemanusiaan, keterampilan/kecakapan teknis. Kedua, Faktor penghambat peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islan Gunung Sari adalah kekurangan mampuan guru memanfaatkan teknologi informasi dan juga kemauan yang kurang dalam membuat perencanaan pembelajaran dan juga dalam mengadakan evaluasi belajar mengajar, sehinga kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru kurang dapat diterima oleh siswa sudah diperbaiki denagn penekanan disiplin oleh kepala serta ditambah dengan pemberian pelatihan pada guru-guru yang bertugas dalam bidang studi yang bukan jurusanya. Implikasi dari kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa dengan Manajerial Kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam (MTs) Gunung Sari Ulubelu Kabupaten Tanggamus yang professional akan menimbulkan mutu hasil pembelajaran yang bermuara pada hasil pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini merekomendasikan agar manajerial kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam (MTs) Gunung Sari Ulubelu Kabupaten Tanggamus dikelola secara professional dengan dukungan semua warga sekolah dan stake holders yang ada untuk mencapai hasil pembelajaran yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 01 Nov 2017 03:38
Last Modified: 01 Nov 2017 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1816

Actions (login required)

View Item View Item