PENGARUH EKSPOR, INVESTASI ASING DAN JUMLAH UANG BEREDAR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA DALAM ERA PANDEMI COVID-19 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Putri, Surya Nanda (2022) PENGARUH EKSPOR, INVESTASI ASING DAN JUMLAH UANG BEREDAR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA DALAM ERA PANDEMI COVID-19 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penyebaran virus corona yang telah meluas ke berbagai belahan dunia membawa dampak pada perekonomian Indonsia, baik dari sisi perdagangan maupun investasi yang masuk, pembangunan di setiap negara dipastikan terganggu. Masing-masing negara merevisi APBN-nya dan menyediakan alokasi dana yang besar untuk mengatasi wabah corona ini. Kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia sebelum pandemi covid 19 yang cenderung stagnan membuat pemerintah harus memikirkan rencana agar Indonesia tidak terjebak dalam pendapatan kelas menengah (middle income trap). Faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi adalah ekspor, investasi asing dan jumlah uang beredar. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian menggunkan pendekatan kuantitatif, Penelitian ini menggunakan data sekunder, Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan salah satu teknik Non-Probability Sampling, yaitu purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ekspor tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Investasi Asing tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Jumlah Uang Beredar tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Ekonomi Islam dengan prinsipnya yang berdasarkan Al Qur‟an dan Sunnah mampu menjadi solusi bagi pertumbuhan ekonomi terutama saat ini karena adanya covid-19, yaitu dengan menerapkan penyaluran bantuan langsung tunai yang berasal dari zakat, infak dan sedekah, penguatan wakaf, bantuan modal usaha unggulan saat krisis, permodalan usaha dengan pinjaman qardhul hasan, pengembangan teknologi finansial syariah untuk memperlancar likuiditas pelaku pasar daring secara syariah. Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Ekspor, Investasi Asing, Jumlah Uang Beredar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 03:15
Last Modified: 07 Mar 2022 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18139

Actions (login required)

View Item View Item