Peranan guru pendidikan agama islam dalam pembentukan pribadi peserta didik Smp Negeri 21 Bandar Lampung

Fatmayati, Fatmayati (2017) Peranan guru pendidikan agama islam dalam pembentukan pribadi peserta didik Smp Negeri 21 Bandar Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (324kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Tesis.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Fatmayati. 2017. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Pribadi Muslim Peserta Dididk SMPN 21 Bandar Lampung Tesis. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam. IAIN Raden Intan Lampung.Pembimbing I : Prof. Dr. H. Sulthan Syahril, M.A. Pembimbing II : Dr. H. Subandi, MM.Penelitian ini membahas Peran Guru Pendidikan Islam dalam Membentuk Pribadi Muslim Peserta Didik SMPN 21 Bandar Lampung. Fokus Penelitian yang akan dikaji adalah: 1.Bagaimana usaha guru pendidikan agama Islam dalam membentuk pribadi muslim Peserta Didik SMPN 21 Bandar Lampung; 2. Metode saja yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam membentuk pribadi muslim Peserta Didik SMPN 21 Bandar Lampung; 3.Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam emembentuk pribadi muslim Peserta Didik SMPN 21 Bandar Lampung; 4. Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk pribadi muslim Peserta Didik SMPN 21 Bandar Lampung.Selanjutnya penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif,maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung sebagai instrument dan sebagai pengumpul data hasil observasi yang mendalam serta terlibat aktif dalam penelitian. Data yang berbentuk kata-kata diperoleh dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu melakukan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan triangulasi.Berdasarkan temuan yang dihasilkan, hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pembentukan pribadi muslim Peserta Didik SMPN 21 Bandar Lampung dilaksanakan secara intensif setiap hari dan terus menerus.Usaha-usaha guru Pendidikan agama Islam dalam membentuk pribadi muslim yaitu dengan mengadakan kegiatan-kegiatan seperti Sholat Dhuha berjama‟ah, Tadarus, Sholat Dhuhur berjama‟ah, muatan pesantren dan pengajian wadhih.Metode yang digunakan adalah metode Ceramah, Metode Teladan, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi, Metode Latihan dan Pembiasaan, Metode Demontrasi,Metode Konseling Metode Ganjaran dan Hukuman. Guru pendidikan agama Islam berperan sebagai pemimpin, pendidik, motivator, teladan, fasilitator,evaluator, dan pengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 01 Nov 2017 03:17
Last Modified: 01 Nov 2017 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1813

Actions (login required)

View Item View Item