ANALISIS DAMPAK PARIWISATA BAHARI DAN PERAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Dusun Ketapang, Desan Batu Menyan, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran Lampung)

FEBRIANI, NUR SAFITRI (2022) ANALISIS DAMPAK PARIWISATA BAHARI DAN PERAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Dusun Ketapang, Desan Batu Menyan, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Febriani Nur Safitri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Dusun Ketapang, Desa Batu Menyan Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran Lampung adalah salah satu Desa yang saat ini menjadi tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi karena keindahan Wisata Baharinya yaitu Pantai. Selain terkenal karena keindahan pariwisatanya, Dusun Ketapang, Desa Batu Menyan juga merupakan pelabuhan penyebrangan utama untuk berwisata ke Pulau Pahawang dan Pulau-pulau lain yang berada disekitar Kabupaten Pesawaran. Di Dusun Ketapang, Desa Batu Menyan masih belum banyak perempuan yang memanfaatkan peluang Dari Pariwisata untuk menumbuhkan Usaha Kecil dan Menengah di Desa tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Dampak Pariwisata Bahari dan Peran Perempuan Terhadap pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah di Dusun Ketapang, Desa Batu Menyan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Dampak Pariwisata Bahari dan Peran Perempuan di Dusun Ketapang, Desa Batu Menyan dalam Meningkatkan Pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Bagaimana Dampak Pariwisata Bahari dan Peran Perempuan di Dusun Ketapang, Desa Batu Menyan dalam Meningkatkan Pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menurut Perspektif Ekonomi Islam. Dengan tujuan untuk Mengetahui Dampak Pariwisata Bahari dan Peran Perempuan dalam meningkatkan Pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah di Dusun Ketapang, Desa Batu Menyan, dan Untuk mengetahui Dampak Pariwisata Bahari dan Peran Perempuan dalam Meningkatkan Pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah Di Dusun Ketapang, Desa Batu Menyan Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini bersifat Kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, riset kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di Dusun Ketapang, Desa Batu Menyan Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran. Menunjukkan bahwa dengan adanya Pariwisata Bahari dan Peran Perempuan di Di Dusun Ketapang, Desa Batu Menyan dapat meningkatkan peluang Usaha Kecil dan Menengah bagi masyarakat setempat, terutama Perempuan. Sehingga akan memberikan dampak positif terhadap kesempatan masyarakat lokal dalam bekerja. Sekaligus dapat menambah pendapatan untuk menunjang kehidupan rumah tangganya. Namun dalam usaha- usaha yang dijalankan oleh masyarakat, belum sepenuhnya menerapkan pengembangan pariwisata berdasarkan perspektif Ekonomi Islam, yang mana tempat istirahat bisa cottage dan transportasi yaitu tidak ada pemisah antara tempat laki-laki dan perempuan. Tetapi baik pemerintah maupun masyarakat selalu menjaga dan mempertahannkan nilai-nilai agama dan budaya setempat. Kata Kunci : Pariwisata , Perempuan, UKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 02:32
Last Modified: 07 Mar 2022 02:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18123

Actions (login required)

View Item View Item