ANALISIS PRINSIP JUAL BELI DALAM EKONOMI ISLAM TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN NASABAH BANK SAMPAH (Studi Pada Nasabah Bank Sampah Cangkir Hijau Kecamatan Iringmulyo Kota Metro)

SITI, KHOTIMAH (2022) ANALISIS PRINSIP JUAL BELI DALAM EKONOMI ISLAM TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN NASABAH BANK SAMPAH (Studi Pada Nasabah Bank Sampah Cangkir Hijau Kecamatan Iringmulyo Kota Metro). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skirpsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Siti Khotimah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PRINSIP JUAL BELI DALAM EKONOMI ISLAM TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN NASABAH BANK SAMPAH (Studi Pada Nasabah Bank Sampah Cangkir Hijau Kecamatan Iringmulyo Kota Metro) Sampah merupakan suatu yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Semakin padat jumlah penduduk maka semakin besar pula sampah yang dihasilkan. Dengan sampah yang dihasilkan apabila tidak diperhatikan akan menimbulkan masalah lingkungan, oleh sebab itu harus ada sistem pengelolaan yang baik. Apabila dilihat dari segi bentuk maupun jenisnya, ada sampah yang dapat diolah dan didaur ulang yang dapat bernilai rupiah guna menunjang kebutuhan hidup. Bank sampah adalah suatu tempat untuk menampung sampah yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, dengan memilah sampah sesuai bentuk dan jenis masyarakat dapat menabung sampah yang telah dikumpulkan di bank sampah yang dapat dicairkan uang dari sampah yang ditabung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana prinsip jual beli dalam ekonomi islam terhadap tingkat pendapatan nasabah di bank sampah cangkir hijau Kota Metro? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui prinsip jual beli dalam ekonomi Islam terhadap tingkat pendapatan nasabah di bank sampah cangkir hijau Kota Metro. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang bertujuan mengumpulkan data dari lokasi atau lapangan. Sumber data primer dan sekunder. Dimana data primer adalah penelitian yang dilakukan secara langsung dari objek yang diteliti, sedangkan sumber data sekunder adalah sumber data yang diperoleh dari buku yang mempunyai relevansi dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan penelitian yang dikemukakan bahwa dari uraian tersebut dapat dilihat bahwa Peran Bank Sampah Cangkir Hijau yaitu membantu masyarakat untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki dan sudah dikatakan berhasil dalam meningkatkan ekonomi nasabah/masyarakatnya walaupun nilainya masih tergolong kesil dan belum signifikan. Akan tetapi, walaupun nilai yang mereka dapatkan masih tergolong kecil, nasabah/masyarakat merasa terbantu dengan adanya Bank Sampah Cangkir Hijau dengan program-program yang diberikan. Tinjauan Islam, melihat program-program dan proses-proses yang dilakukan oleh Bank Sampah Cangkir Hijau semuanya terhindar dari larangan aturan Islam dan menerapkan prinsip-prinsip jual beli sesuai dengan syariat Islam seperti prinsip tauhid, halal, mashlahah, kebebasan bertransaksi dan prinsip ta’awun. Kata Kunci: Ekonomi, Islam, Kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 07:57
Last Modified: 04 Mar 2022 07:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18091

Actions (login required)

View Item View Item