PENGARUH BAURAN PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP TINGKAT PENJUALAN BISNIS ONLINE DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Toko Tas ”Dikromoshop “ Sukarame Bandar Lampung)

EKA, NURJANAH (2022) PENGARUH BAURAN PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP TINGKAT PENJUALAN BISNIS ONLINE DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Toko Tas ”Dikromoshop “ Sukarame Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of EKA NURJANAH_1651010270.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pesatnya perkembangan dunia usaha serta semakin kompleksnya sistem perekonomian dewasa ini menyebabkan perusahaan-perusahaan mengalami tantangan dalam menjual produknya di pasar. Munculnya persaingan-persaingan diantara produsen dalam memasarkan produk mereka ke pasaran merupakan persoalan yang mutlak dan merupakan tantangan yang tidak dapat dihindarkan oleh pimpinan perusahaan. Dengan banyaknya perusahaan yang memproduksi barang dan jasa mau tidak mau akan melahirkan kondisi yakni persaingan yang ketat dalam pemasaran produk tersebut, dan tentu yang dapat unggul dalam persaingan ini akan ditentukan oleh sistem dan strategi pemasaranya yang paling efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dan perspektif etika bisnis Islam terkait bauran pemasaran menggunakan media sosial Instagram terhadap tingkat penjualan bisnis online. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian asosiatif. Variabel independen dalam penelitian ini adalah bauran pemasaran, sedangkan variabel dependennya adalah tingkat penjualan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampel purposive sampling yaitu pengambilan sampel dari populasi yang dilakukan secara acak dan ditentukan oleh peneliti. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis yaitu uji t secara parsial, uji f secara simultan dan uji determinasi (R 2 )pengolahan data dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22.00 for windows. Hasil penelitian ini ditunjukan dengan menggunakan uji hipotesis parsial (t), simultan (F) dan R2 . Hasil uji parsial (t), simultan (F), dan R2 menunjukan variabel product (X1), price (X2), place (X3), and promotion (X4) terhadap tingkat penjualan (Y). Hasil uji (t) yang paling segnifikan terletak pada variabel product (X1) Thitung > Ttabel (3,924 > 2,876) dengan nilai signifikansi 0,035 < 0,05. Hasil uji simultan (F) menunjukkan bahwa nilai F-hitung sebesar 11, 019 lebih besar dari F tabel yaitu iii (11, 019>3,71) dengan signifikansi sebesar 0,000<0,005. Hasil uji statistik pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai R2 = 0.780. Jadi, 0 < 0.780 < 1 dan sehingga dapat dinyatakan bahwa 78,0 % tingkat penjualan (Y) dipengaruhi oleh variabel baruan pemasaran (X), sedangkan sisanya sebesar 22,0% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Bisnis Online, Media Sosial Instagram, bauran pemasaran, Tingkat penjualan, dan Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 07:29
Last Modified: 04 Mar 2022 07:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18068

Actions (login required)

View Item View Item