ANALISIS DAMPAK PENGUMUMAN RIGHT ISSUE TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN LIKUIDITAS SAHAM BERDASARKAN TUJUAN PENGGUNAAN DANA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI ISSI PERIODE 2015-2019

AHMAD, RIFA'I (2022) ANALISIS DAMPAK PENGUMUMAN RIGHT ISSUE TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN LIKUIDITAS SAHAM BERDASARKAN TUJUAN PENGGUNAAN DANA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI ISSI PERIODE 2015-2019. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP Ahmad Rifai (1651020217).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah pengumuman right issue dengan tujuan penggunaan dana akan mempengaruhi keputusan investor dalam berinvestasi. Reaksi investor akan positif jika sebagian besar penggunaan dana right issue dana untuk investasi dan reaksi investor akan negatif jika sebagian penggunaan dana right issue untuk membayar utang. Reaksi pasar yang menyebabkan pergerakan harga saham diproksikan dengan abnormal return, dimana perhitungannya menggunakan market-adjusted model. Sedangkan reaksi pasar yang menyebabkan pergerakan jumlah lembar saham dapat diproksikan dengan lukuiditas saham dengan perhitungan trading volume activity. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat perbedaan abnormal return dan likuiditas saham antara sebelum dan sesudah pengumuman right issue yang bertujuan untuk investasi dan membayar utang, serta bagaimana reaksi pasar terhadap pengumuman right issue pada saham syariah indonesia dalam perspektif ekonomi islam. penilitian ini b ertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan abnormal return dan di likuiditas saham yang signifikan pada saat sebelum dan sesudah pengumuman right issue pada saham syariah indonesia dalam perspektif ekonomi islam. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan periode pengamatan 11 hari bursa. sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar sekaligus tidak pernah dikeluarkan dari ISSS selama 2015-2019, sehingga sampl;e ya ng diperoleh sebanyak 20 perusahaan terdiri dari 17 perusahaaan dengan tujuan penggunaan dana untuk investasi dan 3 perusahaan dengan penggunaan dana untuk membayar utang .pengambilan sampel menggunakan purposive sampling methold. untuk hipotesis menggunakan uji hipotesis paired sampel t-test dan wilcoxon signd rank test dengan bantuan IBM SPSS versi 23. hasil penelitian ini menujukan bahwa terdapat perbedaan abnormal return saham yang signifikan antara sebelum dan sesudah pengumuman right issue yang bertujuan untuk investasi dengan nilai signifikan antara sebelum dahn sesudah pengumuman right issue yang bertujuan untuk investasi dengan nilai signifikasi sebesar 0,008<0,05 namun tidak terdapat p[erbedaan yang signifikan pada abnormal return saham antara sebelum dan sesudah pengumuman right issue yang bertujuan untuk membayar utang dengan nilai signifikasi 0,950-0,05.Dalam perspektif Ekonomi islam aksi right issue dibolehkan asal sesuai dengan prinsip ekonimi islam, reaksi isvestor baik itu jual nmaupun beli harus berdasarkan analisis teknikal dab fundamental agar sesuai dengan prinsip ekonomi islam yaitu melakukan spekulatif ayau judi dan jual beli yang besifat gharar. KATA KUNCI : Right issue, abnormal return, trading volume activity, market adjusted, tujuan pengguanaan dana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 07:38
Last Modified: 04 Mar 2022 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18063

Actions (login required)

View Item View Item