KONTRIBUSI FATAYAT NAHDLATUL ULAMA (NU) DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (Studi Pada Pengurus Wilayah Fatayat Nahdlatul Ulama Provinsi Lampung)

FIDYA, MILLANIA (2022) KONTRIBUSI FATAYAT NAHDLATUL ULAMA (NU) DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (Studi Pada Pengurus Wilayah Fatayat Nahdlatul Ulama Provinsi Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi fiks.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pemberdayaan perempuan pada Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) adalah program yang diinisiasikan oleh lembaga Nahdlatul Ulama terhadap program perempuan Nahdlatul Ulama (NU). Tujuannya untuk memberikan kontribusi dalam membangun karakter Muslim Indonesia yang berprinsipkan pada asas Ahlusunnah Wal Jamaah. Saat ini Lembaga Fatayat Nahdlatul Ulama sebagai lembaga yang dapat menyelesaikan pokok permasalahan terhadap perempuan Indonesia. Baik intimidasi, diskriminasi dan ketimpangan hak perempuan. Oleh karenanya Kontribusi Fatayat pada pemberdayaan perempuan di Indonesia harus mampu mengatasi masalah-masalah di atas. Pemberdayaan perempuan dilakukan dalam tahapan suatu program yang sangat jelas pada Lembaga Nahdlatul Ulama, dimana dalam hal ini dapat mendidik dan tentunya menciptakan karakter-karakter Perempuan Indonesia yang bernafaskan Ajaran Agama Islam. Selanjutnya Peran perempuan baik dalam keluarga maupun masyarakat merupakan peran yang sangat dimuliakan yang tidak sepantasnya kaum wanita direndahkan. Perempuan bukan hanya sekedar kaum yang lemah, namun perempuan bisa menjadi sosok yang setara pada manusia lainnya. Perempuan tidak hanya mencakup anak, istri, ibu namun mempunyai fungsi sebagai pengabdi dalam masyarakat, berarti perempuan dapat menyalurkan dan mengembangkan berbagai aspirasi yang dimiliki, dan dapat terjun langsung dalam masyarakat dengan tetap pada bidang dan batasan-batasannya Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) Sedangkan pengumpulan metode penelitiannya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai bahan kesimpulan dari seluruh pembahasan dengan cara berfikir induktif Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Kontribusi Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Pada Pemberdayaan Perempuan Studi Pada Pengurus Wilayah Fatayat Nahdlatul Ulama Provinsi Lampung telah berjalan, dan memiliki sebuah pengaruh yang besar bagi perempuan Muslim di Provinsi Lampung saat ini. Metode penerapan yang digunakan yaitu: Pengumpulan data, kualifikasi kemampuan, pelatihan dan sampai kepada pelatihan. Sedangkan Kontribusi Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) dalam pemberdayaan perempuan di Provinsi Lampung. Seperti terdapat program pemberdayaan hukum politik dan advokasi yaitu pendidikan pelatihan edukasi politik, pembahasan RAN P3AKS, UMKM sampai pada seminar para perempuan Lampung mengenai persoalan yang dihadapi. Maka dapat disimpulkan Kontribusi Fatyat Nahdlatul Ulama (NU) dalam pemberdayaan perempuan di Provinsi Lampung telah dilakukan, sebagaiman telah ditetapkan suatu program yang ada. Kata Kunci: Fatayat, Kontribusi, Nahdlatul Ulama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:48
Last Modified: 04 Mar 2022 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18057

Actions (login required)

View Item View Item