PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PASIEN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL TERHADAP KEPUASAN PASIEN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UPT Puskesmas Kampung Sawah Bandar Lampung)

HANI, HARDIYANTI (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PASIEN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL TERHADAP KEPUASAN PASIEN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UPT Puskesmas Kampung Sawah Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP HANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah kesehatan bagi masyarakat telah menjadi suatu kebutuhan yang sangat utama, untuk mendapatkan kesehatan yang prima seiring dengan meningkatnya taraf kehidupan masyarakat. Menghadapi persaingan di bidang layanan kesehatan ini, penyedia jasa pelayanan kesehatan dituntut untuk selalu memberikan layanan yang baik untuk meningkatkan kualitas pelayanannya supaya kepercayaan pasien selalu diberikan kepada penyedia pelayanan kesehatan sehingga dapat berdampak pada kepuasan pasien. Tidak hanya pelayanan kesehatan yang bersifat menyembuhkan saja tetapi memberikan kepuasan dan kenyamanan terutama bagi konsumen (anggota BPJS) atau pasien. Kepuasan memberikan suatu dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan yang kuat dengan UPT Puskesmas Kampung Sawah. Baik tidaknya kualitas pelayanan tergantung pada kemampuan penyediaan pelayanan untuk memenuhi harapan konsumen secara konsisten. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) terhadap kepuasan pasien di UPT Puskesmas Kampung Sawah di Kota Bandar Lampung?, Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) terhadap kepuasan pasien menurut perspektif ekonomi Islam?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pasien BPJS terhadap kepuasan pasien di UPT Puskesmas Kampung Sawah di Kota Bandar Lampung dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pasien BPJS terhadap kepuasan pasien menurut pandangan ekonomi islam. Objek penelitian ini adalah UPT Puskesmas Kampung Sawah Bandar Lampung. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis regresi sederhana, teknik kuesioner dengan jumlah sampel 100 pasien menggunakan software SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pasien BPJS berpengaruh dan siginifikan terhadap kepuasan pasien. Dalam perspektif ekonomi islam kualitas pelayanan pasien merujuk pada prinsip ekonomi islam yaitu berbuat baik terhadap sesama dan tidak membeda-bedakan dengan cara memberikan perhatian kepada para pasien dan tidak membeda�bedakan pasien. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Pasien BPJS, Kepuasaan Pasien, dan Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:41
Last Modified: 04 Mar 2022 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18054

Actions (login required)

View Item View Item