PENERAPAN PSAK NO. 45 PADA LAPORAN KEUANGAN NIRLABA (Studi Kasus Pada Organisasi Nirlaba: Yayasan Pendidikan Diniyyah Putri Lampung)

PANDHU, IMAN SUKMANTO (2022) PENERAPAN PSAK NO. 45 PADA LAPORAN KEUANGAN NIRLABA (Studi Kasus Pada Organisasi Nirlaba: Yayasan Pendidikan Diniyyah Putri Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Yayasan pendidikan merupakan salah satu dari organisasi nirlaba yang berperan penting terhadap kemajuan sumber daya manusia yang sejalan dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dalam memperoleh sumber daya yang dibutuhkan, organisasi nirlaba masih mendapatkan sumber daya berupa sumbangan atau bantuan yang berasal dari para donatur yang mana jumlahnya tidak sedikit. Oleh karena karena itu perlunya dilakukan penyusunan laporan keuangan sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas bagi publik, terutama para donatur dan juga masyarakat. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 mengenai yayasan dikatakan bahwa laporan keuangan mesti disusun sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku, yaitu PSAK No. 45 mengenai organisasi nirlaba. Yayasan Pendidikan Diniyyah Putri Lampung yang termasuk kedalam organisasi nirlaba juga mesti melakukan penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK No. 45 mengenai organisasi nirlaba. Penelitian ini berujuan untuk mengetahui dan memahami mengenai pencatatan laporan keuangan di Yayasan Pendidikan Diniyyah Putri Lampung yang sesuai dengan PSAK No. 45. Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian di Yayasan Pendidikan Diniyyah Putri Lampung menunjukan bahwa yayasan belum menerapkan laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK No. 45. Penelitian ini memberikan saran bahwa organisasi nirlaba terutama yayasan mesti menerapkan PSAK No. 45 sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas serta ketaqwaan kepada Allah SWT. Kata Kunci: Laporan Keuangan, Organisasi Nirlaba, PSAK No. 45.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:26
Last Modified: 04 Mar 2022 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18042

Actions (login required)

View Item View Item