ANALISIS MANAJEMEN KOPERASI PESANTREN BERBASIS EKOPROTEKSI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pondok Pesantren YASMIDA Ambarawa Kab. Pringsewu)

FITRA, AHLUN NAZAR (2022) ANALISIS MANAJEMEN KOPERASI PESANTREN BERBASIS EKOPROTEKSI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pondok Pesantren YASMIDA Ambarawa Kab. Pringsewu). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FITRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen merupakan salah satu cabang dari ilmu ekonomi yang memegang peranan penting dalam keberhasilan pengelolaan suatu organisasi maupun perusahaan. Dalam proses manajemen tentu ada unsur- unsur yang harus ada, baik itu merupakan unsur pokok ataupun sarana untuk menunjangnya. Sarana tersebut berupa man (orang), money (uang), materials (materi), machines (mesin), method (cara), dan markets (pasar). Selain itu menurut Henry Fayol ada lima fungsi utama ilmu manajemen yang meliputi fungsi perencanaan (planning), fungsi pengorganisasian (organizing), fungsi memerintah (comamanding), fungsi pengkoordinasian (coordinating), fungsi pengawasan (controling). Dalam setiap kegiatan usaha atau organisasi manajemen sangat dibutuhkan, karena tanpa manajemen semua usaha akan sia-sia dan akan lebih sulit dalam mencpai tujuannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen koperasi pesantren di Pondok Pesantren YASMIDA Ambarawa Kabupaten Pringsewu serta bagaimana model manajemen koperasi ekonomi berbasis ekoproteksi di Pondok Pesantren YASMIDA Ambarawa Kabupaten Pringsewu dan bagaimana pandangan ekonomi Islam tentang manajemenkoperasi pesantren berbasis ekoproteksi. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research) dengan metode kualitatif. Dimana metode kualitatif menurut Kark dan Milles adalah tradisi tertentu dan ilmu-ilmu sosial yang secara mendasar bergantung pada pengamatan terhadap manusia dalam kawasannya sendiri dan berhubungan langsung dengan orang-orang tersebut. Selain penelitian lapangan, juga didukung dengan penelitian pustaka (Library Researsh) yang bertujuan untuk mengumpulkan data atau informasi dengan bantuan material, misalnya : buku, catatan, dokumen, dan referensi lainnya yang berkaitan dengan manajemen koperasi di pondok pesantren YASMIDA. Pondok pesantren Miftahul Huda berdiri secara resmi dan terakreditasi pada kantor Departemen Agama Propinsi Lampung pada tahun 1990. Kondisis sosial ekonomi pondok pesantren YASMIDA yang masih dalam tahap perkembangan dengan kendala yang begitu banyak. Sehingga dalam rangka menjalanankan usaha ekonomi dalam pesantren tersebut sangat membutuhkan manajemen yang kuat, yang bagus dan tertata dan diupayakan dapat meningkatkan kemampuan pesantren untuk menganalisa kondisi dan potensi serta masalah-masalah yang perlu diatasi. Dengan hal ini menurut penulis manajemen ekoproteksi yang dijalankan di pondok pesantren YASMIDA sudah cukup bagus, dimana kemandirian koperasi mulai dari pembiayan yang tidak tergantung dari sumbangan pemerintah dan masyarakat lagi, serta usaha untuk memproduksi barang-barang yang di jual di koperasi pondok pesantren YASMIDA. Kata kunci: Manajemen Koperasi Pondok Pesantren Berbasis Ekoproteksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:07
Last Modified: 04 Mar 2022 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18030

Actions (login required)

View Item View Item