ANALISIS PERANAN HOME INDUSTRI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Home Industri diDesa Sidodadi, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan)

YESSI, MAULIDA JULIANTI (2022) ANALISIS PERANAN HOME INDUSTRI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Home Industri diDesa Sidodadi, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP YESSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Industri adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan atau barang jadi menjadi barang dengan nilai lebih tinggi untuk penggunaannya termasuk kegiatan rancang bangun dan perekayasaan industri. Sedangkan industry rumah tangga adalah suatu unit usaha atau perusahaan dalam skala kecil yang bergerak dalam bidang industri tertentu. Home berarti rumah, tempat tinggal, ataupun kampung halaman. Sedangkan industri dapat diartikan sebagai kerajinan, usaha produk barang ataupun perusahaan. Singkatnya Home Industri adalah rumah usaha produk barang atau juga perusahaan kecil. Dikatakan sebagai perusahaan kecil karena jenis kegiatan ekonomi ini dipusatkan dirumah. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peranan home industri terhadap kesejahteraan masyarakat di desa sidodadi kecamatan sidomulyo, kabupaten lampung selatan, dan Bagaimana peranan home industri terhadap kesejahteraan masyarakat dalam perspektif ekonomi islam di desa sidodadi kecamatan sidomulyo, kabupaten lampung selatan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana peranan home industri terhadap kesejahteraan masyarakat di desa sidodadi kecamatan sidomulyo, kabupaten lampung selatan dan untuk mengetahui bagaimana peranan home industri terhadap kesejahteraan masyarakat dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini bersifat kualitatif, maka dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sebagai data primer yaitu data yang diperoleh dari responden pemilik dan pekerja di home industri tersebut. Sedangkan data sekunder diperoleh dari referensi-referensi yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Adapun hasil dari penelitian dilapangan maka dapat diambil kesimpulan peran home industri di desa sidodadi dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar yang bekerja di home industri tersebut dan sedikit mengurangi jumlah tingkat pengangguran. Berdasarkan tinjauan ekonomi islam bahwa home industri ini dilakukan dengan baik dan sejalan dengan syariat islam berdasarkan pada prinsip keseimbangan antara kebutuhan materil dan spiritual. Keyword: Kesejahteraan Masyarakat, Home Industri, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:59
Last Modified: 04 Mar 2022 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18021

Actions (login required)

View Item View Item