PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG SAHAM SYARI’AH TERHADAP MOTIVASI BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARI’AH (Studi pada Mahasiswa yang Tergabung dalam Galeri Investasi Syariah UIN Raden Intan Lampung)

LAILI, FATHUL HIDAYAH (2022) PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG SAHAM SYARI’AH TERHADAP MOTIVASI BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARI’AH (Studi pada Mahasiswa yang Tergabung dalam Galeri Investasi Syariah UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LAILI FATHUL HIDAYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Keberadaan pasar modal dalam perekonomian modern sudah tidak dapat terelakkan lagi bagi perkembangan peradaban manusia di seluruh dunia termasuk Indonesia. Tingginya permintaan akan barang dan jasa disebabkan pertumbuhan manusia tersebut yang menuntut perusahaan baik yang bergerak dibidang jasa dan perdagangan harus memenuhi semua pertumbuhan yang diinginkan masyarakat tersebut. Peningkatan pertumbuhan kebutuhan akan barang dan jasa membuat perusahaan memerlukan tambahan modal yang salah satunya dapat diperoleh dari pasar modal, hal tersebut pula telah membuat efek domino bagi perkebangan dan pertumbuhan pasar modal syariah. Pasar modal syari‟ah merupakan pasar modal yang menerapkan prinsip-prinsip syari‟ah. Pengetahuan yang memadai sangat diperlukan dalam berinvestasi sesuai prinsip syariah. Pengetahuan tersebut berupa penilaian kinerja perusahaan yang akan dibeli sahamnya, melalui analisis laporan keuangan perusahaan yang bersangkutan beberapa tahun belakangan, pengetahuan ini diperlukan untuk menghindari terjadinya kerugian saat berinvestasi di Pasar Modal. Permasalahan disini adalah apakah pengetahuan mahasiswa tentang saham syari‟ah di UIN Raden Intan memberikan pengaruh terhadap timbulnya motivasi dalam berinvestasi khususnya investasi di Pasar Modal yang tergolong syari‟ah. . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan data dianalisis dengan metode statistik. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengisian kuesioner dilakukan secara self administered questionare yaitu responden menjawab sendiri kuesioner yang telah dibuat peneliti. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan Pengetahuan Tentang Saham Syari‟ah berpengaruh terhadap Motivasi Berinvestasi Di Pasar Modal Syari‟ah dilihat dari t hitung = 7.402 > t tabel = 2,0106 dengan signifikansi 0.000. Dengan menggunakan batas signifikansi 0.05, nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0.05. Dengan arah koefisien positif, dengan demikian diperoleh bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa Pengetahuan Tentang Saham Syari‟ah memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Motivasi Berinvestasi Di Pasar Modal Syari‟ah dapat diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat sehingga ada pengaruh Pengetahuan Tentang Saham Syari‟ah (X) terhadap Motivasi Berinvestasi Di Pasar Modal Syari‟ah (Y). Kata Kunci : Pengetahuan Tentang Saham Syari’ah, Motivasi Berinvestasi Di Pasar Modal Syari’ah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:55
Last Modified: 04 Mar 2022 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18018

Actions (login required)

View Item View Item