PENGARUH HUKUM ROKOK DALAM ISLAM, HARGA, DAN PENDAPATAN TERHADAP PERMINTAAN MASYARAKAT (Studi Pada Majlis Ta’lim Kecamatan Seputih Agung )

RATIH, JUNIAN DARI (2022) PENGARUH HUKUM ROKOK DALAM ISLAM, HARGA, DAN PENDAPATAN TERHADAP PERMINTAAN MASYARAKAT (Studi Pada Majlis Ta’lim Kecamatan Seputih Agung ). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Ratih Junian Dari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan fenomena yang terjadi saat ini jumlah barang yang dibutuhkan masyarakat, atas dasar kebutuhan individu tersebut mempunyai permintaan akan barang, dimana semakin banyak jumlah penduduk maka semakin besar permintaan masyarakat akan sesuatu jenis barang. Sedangkan pendapatan adalah besar kecilnya pendapatan rumah tangga. Selain dipengaruhi oleh semua harga dan pendapatan, permintaan akan sesuatu juga dipengaruhi oleh selera konsumen. Penelitian ini untuk mengetahui: 1. Pengaruh hukum rokok, harga, dan pendapatan secara parsial terhadap permintaan masyarakat 2. Pengaruh hukum rokok, harga, dan pendapatan secara simultan terhadap permintaan masyarakat 3. Pengaruh hukum rokok, harga, dan pendapatan terhadap permintaan masyarakat menurut perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang mengkonsumsi rokok di majlis ta‟lim kecamatan seputih agung. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 89 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang diperoleh menggunakan software SPSS 20.0. diantaranya analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai f hitung sebesar 4,427 > f tabel sebesar 2,71 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh antara Hukum Rokok, Harga, dan Pendapatan terhadap Permintaan Masyarakat. Selanjutnya pengaruh secara parsial diketahui bahwa variabel Hukum Rokok dan Harga tidak berpengaruh secara signifikan dan variabel Pendapatan dengan nilai t hitung sebesar 3,610 dengan signifikansi sebesar 0,001. Hal ini berarti t hitung > t tabel (3,610 > 1988) maka Ho di Tolak dan Ha diterima dengan kata lain Pendapatan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Sedangkan secara simultan variabel hukum rokok, harga,dan pendapatan terhadap permintaan rokok masyarakat di majlis ta‟lim kecamatan seputih agung berpengaruh positif sebesar 58,1% sedangkan sisanya yaitu 41,9 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kata kunci :Permintaan Masyarakat, Hukum Rokok, Harga, dan Pendapatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:47
Last Modified: 04 Mar 2022 02:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18012

Actions (login required)

View Item View Item