PENGARUH SERTIFIKASI HALAL, KESADARAN HALAL, DAN BAHAN MAKANAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK MAKANAN HALAL (Studi Pada Mahasiswa Muslim Institut Teknologi Sumatera)

ADITYA, TAMARA (2022) PENGARUH SERTIFIKASI HALAL, KESADARAN HALAL, DAN BAHAN MAKANAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK MAKANAN HALAL (Studi Pada Mahasiswa Muslim Institut Teknologi Sumatera). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I,II & DAPUS ADTYA TAMARA.pdf] PDF
Download (741kB)
[thumbnail of SKRIPSI ADITYA TAMARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi halal, kesadaran halal, dan bahan makanan terhadap minat beli produk makanan halal pada mahasiswa muslim di Institut Teknologi Sumatera. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa muslim di Institut Teknologi Sumatera angkatan 2016-2020. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu sebuah teknik pemilihan sampel dimana seorang individu memilih sampel berdasarkan penilaian pribadi mengenai beberapa karakteristik yang sesuai dari anggota sampel., serta yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang mahasiswa muslim yang aktif. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian memnunjukkan bahwa: (1) Sertifikasi halal berpengaruh positif terhadap minat beli hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (3,967>1,985) dengan tingkat signifikansi dibawah 0.05 yaitu 0,000. (2) Kesadaran halal berpengaruh positif terhadap minat beli, hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (4,536>1,985) dengan tingkat signifikansi dibawah 0.05 yaitu 0,000. (3) Bahan makanan berpengaruh positif terhadap minat beli hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (2,734>1,985) tingkat signifikansi dibawah 0.05 yaitu 0,007. (4) Sertifikasi halal, kesadaran halal, dan bahan makanan secara simultan berpengaruh berpengaruh positif terhadap minat beli dengan tingkat signifikansinya 0,000 lebih kecil dari 0,05 (p<0,05). Berdasarkan hasil output SPSS diatas nilai Adjusted R2 sebesar 0,550 hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen yaitu sertifikasi halal (X1), kesadaran halal (X2) dan bahan makanan (X3) terhadap minat beli konsumen (Y) sebesar 55,0% sedangkan sisanya sebesar 45,0% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Bahan Makanan, Sertifikasi Halal, Minat Beli, Kesadaran Halal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:47
Last Modified: 04 Mar 2022 02:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18011

Actions (login required)

View Item View Item