PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI UNTUK MEYAKINKAN PIHAK PEMBELI ( Studi Kasus Pada Pasar Kenali Kecamatan Belalau Lampung Barat )

EVA, VITRIMULYA SANTIKA (2022) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI UNTUK MEYAKINKAN PIHAK PEMBELI ( Studi Kasus Pada Pasar Kenali Kecamatan Belalau Lampung Barat ). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I,II, DAPUS. EVA VITRI M..pdf] PDF
Download (742kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL EVA VITRI M..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman yang ditandai dengan perkembangan ekonomi yang semakin pesat sehingga menimbulkan persaingan bisnis yang semakin tinggi. Dengan persaingan yang begitu tinggi pelaku bisnis bisa menggunakan segala cara untuk mendapatkan keuntungan bahkan para pelaku bisnis sering mengabaikan etika dalam menjalankan bisnisnya. Pasar kenali merupakan suatu pasar yang di kelola oleh masyarakat sekitar yang mayoritas ber agama Islam.Untuk itu peneliti tertarik untuk meneliti lebih jauh apakah para pedagang sudah menerapkan etika bisnis Islam di pasar kenali kecamatan belalau. Rumusan masalah yang diangkat dari sekripsi ini adalah 1).Bagaimana penerapan etika bisnis dalam transaksi jual beli untuk Meyakinkan Pihak Pembeli di Pasar Kenali Kecamatan Belalau? 2). Bagaimana penerapan etika bisnis Islam di Pasar Kenali dalam transaksi jual beli dan Untuk Meyakinkan Pihak Pembeli jika ditinjau dari prinsip�prinsip etika bisnis Islam? untuk menganalisis bagaimana penerapan etika bisnis pada pasar kenali Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dari wawancara dengan pedagang dan pembeli di pasar , alat analisis yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deduktif. Penerapan etika bisnis pada pedagang di pasar apabila dilihat dari indikator ekonomi, indikator hukum, indikator ajaran agama dan indikator masing-masing individu yang dijadikan tolak ukur, penerapan etika bisnis secara umum sudah diterapkan dengan baik dan Para pedagang di Pasar dalam meyakinkan pembeli dan menawarkan sudah menerapakn Etika menawarkan barang-barang yang berkualitas, Etika menentukan harga, dan etika melayani pembeli. Para pedagang juga sudah menerapakn prinsip-prinsip etika bisnis islam yaitu keadilan, Prinsip Kehendak bebas, Prinsip Pertanggungjawaban dan juga Prinsip Ihsan. Namun dari hasil penelitian tidak semua pedagag sudah menerapkan prinsip tersebut masih ada pedagang yang memang berjualan sesuka hati nya tanpa menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis islam. Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Pedagang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:43
Last Modified: 04 Mar 2022 02:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18008

Actions (login required)

View Item View Item