IMPLEMENTASI BLUE ECONOMY PADA SEKTOR KELAUTAN DALAM UPAYA MENSEJAHTERAKAN NELAYAN PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH (Studi Kasus Nelayan TPI Gudang Lelang Kota Bandar Lampung)

M, DESWAN SEPERLY (2022) IMPLEMENTASI BLUE ECONOMY PADA SEKTOR KELAUTAN DALAM UPAYA MENSEJAHTERAKAN NELAYAN PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH (Studi Kasus Nelayan TPI Gudang Lelang Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL M. DESWAN S..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Blue Economy merupakan simbol kegiatan khususnya industri perikanan yang pro lingkungan. walaupun sebenarnya tanpa konsep ini para pelaku usaha perikanan sudah seharusnya untuk menerapkan kegiatan yang sesuai dengan standar keamanan lingkungan, dan juga sebuah konsep yang dibawa dinas kelautan dan perikanan yang berguna untuk mengatasi permasalahan�permasalahan yang ada di sektor kelautan dan mendukung terciptanya pembangunan berkelanjutan pada sektor kelautan yaitu keseimbangan antar ekonomi dan ekosistem laut, terciptanya kepedulian dengan lingkungan serta adanya hubungan timbal balik antara nelayan dengan masyarakat dan lingkungan sekitar, dan dalam penerapan program program ini adalah bentuk realisasi konsep ekonomi biru dari instansi daerah, juga diharapkan dapat meningkatkan, menjaga produktivitas dan mensejahterakan nelayan, serta menjaga bumi agar tetap biru pada sektor kelautan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi blue economy dalam upaya mensejahterakan nelayan dan bagaimanana perspektif ekonomi islamnya. Jenis penelitian kualitatif, metode pengambilan data wawancara, observasi, dokumentasi, dan di analisis dengan pendekatan induktif. Hasil penelitian dimana penerapan program pemanfaatan sumberdaya perikanan berwawasan lingkungan dilakukan dengan memberikan subsidi jaring ramah lingkungan sebagai bentuk revitalisasi alat tangkap bertujuan untuk menjaga ekosistem, penyuluhan ke kelompok masyarakat pengawas berguna untuk membantu mengawasi kegiatan ekonomi yang bersifat eksploitatif, dan sosialisasi peraturan agar nelayan juga memiliki peran dalam menjaga sumberdaya perikanan selain itu demi mengupayakan hasil produksi dimana instansi berusaha agar nelayan memahami jalur penangkapan ikan bertujuan untuk menambah wawasan dan dapat memaksimalkan produksi ikan pada wilayah yang sudah di sosialisasikan, dari hasil penerapan nelayan tersebut berdampak pada hasil tangkap nelayan yang menurun, turunnya angka produksi tangkap nelayan sejalan dengan tujuan program yaitu untuk menjaga sumberdaya perikanan tetap berkelanjutan dan ketahanan pangan. dan program yang diterapkan sebelumnya sudah sesuai dengan kaidah islam. Kata Kunci : Blue Economy, Kesejahteraan Nelayan, dan Perspektif Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:32
Last Modified: 04 Mar 2022 02:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17999

Actions (login required)

View Item View Item