PENGARUH KINERJA DEWAN PENGAWAS SYARIAH TERHADAP MANAJEMEN RESIKO BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (STUDI PADA PT BPRS BANDAR LAMPUNG PERIODE 2014-2018)

AHMAD, SHODIKIN (2022) PENGARUH KINERJA DEWAN PENGAWAS SYARIAH TERHADAP MANAJEMEN RESIKO BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (STUDI PADA PT BPRS BANDAR LAMPUNG PERIODE 2014-2018). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI AHMAD SHODIKIN ACC 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen resiko sangat berkaitan erat dengan fungsi perusahaan. Dalam dunia perbankan, resiko tidak bisa lepas dari kegiatan operasional nya, sehingga diperlukan sebuah manajemen resiko dalam sebuah lembaga keuangan perbankan. Fungsi dan peranan DPS pada bank syariah, memiliki hubungan yang kuat dengan pengurusan risiko perbankan syariah, yakni risiko reputasi yang selanjutnya memberi kesan pada risiko lain, seperti risiko likuiditas. Kegiatan perbankan syariah harus menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam transaksi ekonomi dan selain dari hal-hal yang dilarang oleh Islam seperti riba, judi, spekulasi dan lain�lain. Setiap kontrak dalam kegiatan bisnis, terutama kontrak-kontrak pengumpulan dan distribusi dana. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh kinerja Dewan Pengawas Syariah terhadap manajemen resiko pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah ? dan Apakah penerapan manajemen resiko yang dilakukan BPRS Bandar Lampung telah sesuai dengan prinsip syariah ? dengan tujuan untuk mengetahui apakah variabel kinerja Dewan Pengawas Syariah berpengaruh terhadap manajemen resiko pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dan untuk mengetahui apakah penerapan manajemen resiko yang dilakukan BPRS Bandar Lampung telah sesuai dengan prinsip syariah atau belum. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan satu variabel independen yaitu Kinerja Dewan Pengawas Syariah (X) dan satu variabel dependen yaitu manajemen resiko (Y). Alat pengolahan data menggunakan program spss yang kemudian dilakukan uji instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan berlanjut ke uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Dewan Pengawas Syariah (DPS) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen resiko Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dengan t hitung 7.477 > t tabel 1,665 dan nilai sig. sebesar 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Penerapan manajemen resiko yang dilakukan BPRS Bandar Lampung telah sesuai dengan prinsip syariah dengan menerapkan beberapa langkah dalam menangani pembiayan-pembiayaan yang bermasalah. Langkah-langkah yang dilakukan oleh BPRS Bandar Lampung dengan cara pertama Penagihan Intensif, yang kemudian akan dilanjutkan dengan Pemberian Surat Peringatan atau Teguran kemudian terakhir melalui proses revitalisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:31
Last Modified: 04 Mar 2022 02:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17996

Actions (login required)

View Item View Item