ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, MANFAAT, RESIKO DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PENGGUNAAN E-MONEY DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyarakat Pengguna Go Pay di Bandar Lampung)

DEWI, OKTAVIANI (2022) ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, MANFAAT, RESIKO DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PENGGUNAAN E-MONEY DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyarakat Pengguna Go Pay di Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKIRPSI DEWI OKTAVIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Uang Elektronik (Electronic Money) adalah alat pembayaran yang diterbitkan atas dasar nilai uang yang disetor terlebih dahulu oleh pemegang kepada penerbit. Nilai uang disimpan secara elektronik dalam suatu media server atau chip yang digunakan sebagai alat pembayaran kepada pedagang yang bukan merupakan penerbit uang elektronik tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana pengaruh persepsi kemudahan terhadap penggunaan e-money (Go Pay) pada masyarakat pengguna di Bandar Lampung. Bagaimana pengaruh persepsi manfaat terhadap penggunaan e�money (Go Pay) pada masyarakat pengguna di Bandar Lampung. Bagaimana pengaruh persepsi resiko terhadap penggunaan e-money (Go Pay) pada masyarakat pengguna di Bandar Lampung. Bagaimana pengaruh kepercayaan terhadap penggunaan e-money (Go Pay) pada masyarakat pengguna di Bandar Lampung, bagaimana pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi resiko dan kepercayaan terhadap penggunaan e-money (Go Pay) pada masyarakat pengguna di Bandar Lampung. Serta bagaimana perspektif ekonomi islam terhadap penggunaan e-money. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari persepsi kemudahan, manfaat, resiko dan kepercayaan terhadap penggunaan e-money (Go Pay) pada masyarakat pengguna di Bandar Lampung, serta untuk mengetahui penggunaan e-money dalam bertransaksi ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Rao Purba dan sampel yang diambil sejumlah 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS 16.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap penggunaan Go Pay. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai signifikan sebesar 4,261>1.98525. Variabel persepsi manfaat tidak berpengaruh positif terhadap penggunaan Go Pay dengan perolehan nilai signifikan sebesar 1,565<1,98525. Variabel resiko tidak berpengaruh positif terhadap penggunaan Go Pay dengan perolehan nilai signifikan sebesar -1,493<1, 98525. Sedangkan variabel kepercayaan tidak berpengaruh positif terhadap penggunaan Go Pay dengan perolehan nilai signifikan sebesar 1,243<1,98525, dan diperoleh hasil R square sebesar 0,773. Hal ini menunjukan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi resiko dan kepercayaan terhadap penggunaan Go Pay sebesar 77,3%. Sedangkan sisanya 22,7% dipengaruhi oleh indikator lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Sedangkan dalam perspektif ekonomi Islam penggunaan e-money sesuai dengan prinsip syariah, yaitu tidak mengandung maysir, tidak mengandung riba, israf dan tidak digunakan untuk objek haram dan maksiat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:56
Last Modified: 02 Mar 2022 07:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17991

Actions (login required)

View Item View Item