ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM JUAL BELI PADA PEDAGANGDI SIMPUR CENTER BANDAR LAMPUNG

APRILIA, DWI PUTRI (2022) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM JUAL BELI PADA PEDAGANGDI SIMPUR CENTER BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI APRILIA DWI PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstract Trading or buying and selling are some of the business activities that cause transactions between sellers and buyers for certain goods. Islam as the perfect religion teaches how to transact correctly, this principle is known as Islamic business ethics. Although Islam regulates the ethics of doing business with fellow humans, it is undeniable that many people who are Muslim often dismiss it. This research is based on a problem that is related to buying and selling transactions carried out by traders. Several factors possibly be the cause of the community not implementing the buying and selling mechanism. According to Islamic law, the factor indicators in trading and the principles of Islamic business ethics such as the principle of tawhid, balance, free will, responsibility, and ihsan. Therefore, it is important to study further the buying and selling mechanism carried out by the community. According to this study, the author aims to analyze the application of Islamic business ethics in buying and selling to traders at the Simpur Center in Bandar Lampung, considering that a market is a place for sellers and buyers who are directly involved in the transaction. This study using a qualitative research method from the field research locations, namely descriptive qualitative in nature in purpose to obtain a complete picture of the study. The data collection techniques used were observation, interview, and documentation. The result shows traders and buyers at Simpur Center Bandar Lampung is not all traders have applied Islamic business ethics in buying and selling well because there are still some traders who violate business ethics in transactions, some traders only emphasize high profits, ignore the quality of the retail, and ignore correct ethics. This is contrary to the rules of Islamic business ethics according to the Shari‟a. Keywords: Islamic Business Ethics, Traders, Buying and Selling iii ABSTRAK Perdagangan atau jual beli merupakan salah satu kegiatan bisnis yang menyebabkan terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli mengenai suatu barang tertentu. Islam sebagai agama yang sempurna mengajarkan bagaimana cara bertransaksi yang benar, aturan tersebut dikenal dengan etika bisnis Islam. Walaupun Islam mengatur etika berbisnis antar sesama manusia, namun tidak dipungkiri banyak masyarakat yang notabene beragama islampun sering mengabaikan. Penelitian ini di latar belakangi oleh suatu permasalahan yaitu berkaitan dengan transaksi jual beli yang dilakukan oleh pedagang. Ada beberapa faktor yang menurut penulis menjadi penyebab masyarakat tidak melaksanakan mekanisme jual beli sesuai dengan syariat Islam. Berdasarkan hukum Islam, factor indicator dalam berdagang dan prinsip-prinsip etika bisnis islam yaitu prinsip tauhid,keseimbangan, kehendak bebas,tanggung jawab dan ihsan. Oleh kerenanya penting kiranya untuk mengkaji lebih jauh tentang mekanisme jual beli yang dilakukan oleh masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk menganalisa lebih dalam mengenai penerapan etika bisnis islam dalam jual beli pada pedagang di Simpur Center Bandar Lampung, mengingat pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli secara langsung yang didalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif digunakan dengan cara menggali data yang bersumber dari lokasi penelitian lapangan. Penelitian ini bersifat deskripstif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat memaparkan dan bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lengkap tentang sesuatu yang sedang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian analisis melalui wawancara, dokumentasi dan observasi dengan para pedagang dan pembeli di Simpur Center Bandar Lampung menyatakan bahwa para pedagang belum semua nya menerapkan etika bisnis islam dalam jual beli karena masih ada beberapa pedagang yang melanggar etika bisnis dalam bertransaksi, beberapa pedagang hanya mementingkan profit yang tinggi dan mengabaikan manfaat dari barang yang dijual serta mengabaikan etika yang benar. Hal ini bertolak belakang dengan aturan etika bisnis islam yang sesuai dengan syariat. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Pedagang, Jual Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:50
Last Modified: 02 Mar 2022 07:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17986

Actions (login required)

View Item View Item