ANALISIS HOME INDUSTRI DALAM MEMBINA PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Home Industri Pengolahan Ikan Air Tawar Erwina Desa Pagelaran Kab. Pringsewu)

NUR, BADRIYAH (2022) ANALISIS HOME INDUSTRI DALAM MEMBINA PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Home Industri Pengolahan Ikan Air Tawar Erwina Desa Pagelaran Kab. Pringsewu). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of revisi skripsi bab 1-5 nur badriyah.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Memperkuat sektor usaha kecil dan menengah sesungguhnya merupakan dasar bagi kita dalam mewujudkan kesejahteraan dan pengembangan ekonomi masyarakat. Membangun usaha kecil adalah suatu pilihan mutlak bagi pusat dan daerah untuk dapat turut serta dalam memberdayakan potensi daerah. Home industri pengolahan ikan air tawar ERWINA merupakan wadah untuk mengolah ikan air tawar. Ikan air tawar merupakan komoditas utama setelah pertanian di desa Pagelaran. Pengembangan ekonomi masyarakat yang dilakukan ERWINA bertujuan untuk melatih kreatifitas dan meningkatkan ekonomi keluarga. Beberapa proses yang dilakukan ERWINA dalam pembinaan yaitu pelatihan,pengorganisasian, dan pertemuan secara berkala. Program ini mempunyai sasaran ibu rumah tangga. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana analisis home industri dalam membina pengembangan ekonomi masyarakat desa Pagelaran dan Bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap peran home industri dalam membina pengembangan ekonomi masyarakat desa Pagelaran. Penelitian ini bertujuan untuk mempengaruhi analisis dan peran home industri dalam membinan pengembangan ekonomi masyarakat dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap kegiatan tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, sehingga teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara,observasi dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden pengurus, karyawan dan peserta pembinaan di home industri tersebut. Data sekunder diperoleh dari referensi-referensi yang berkaitan dengan masalah dalam penelitian ini. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa home industri ini berperan aktif dalam upaya pengembangan ekonomi masyarakat desa Pagelaran, baik dalam usaha peningkatan ekonomi keluarga, pemberian motivasi dan ilmu pengetahuan sehingga ibu rumah tangga yang dibina mempunyai keinginan kuat untuk berinovasi agar dapat mendirikan usaha sendiri. Meskipun belum berpengaruh secara signifikan, akan tetapi dapat membantu sedikit masalah pengangguran. Berdasarkan tinjauan ekonomi Islam, bahwa kegiatan yang dilakukan sejalan dengan syari‟at Islam berdasarkan pada prinsip keseimbangan materiil dan spiritual. Keyword : Pengembangan Ekonomi Masyarakat, Home Industry dan Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:47
Last Modified: 02 Mar 2022 07:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17976

Actions (login required)

View Item View Item