PENGARUH INVESTASI, TENAGA KERJA DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Di Kota Bandar Lampung Tahun 2015-2019)

NURFI, DWI RANI (2022) PENGARUH INVESTASI, TENAGA KERJA DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Di Kota Bandar Lampung Tahun 2015-2019). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Bab I-V Fix Nurfi Dwi Rani.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRPPSI 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh investasi, tenaga kerja, dan tingkat pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Bandar Lampung serta bagaimana jika dilihat dalam perspektif ekonomi Islam pada tahun 2015-2019. Menurut data yang diperoleh dari BPS Provinsi Lampung (2020) periode 2015-2019 pertumbuhan ekonomi Kota Bandar Lampung bergerak fluktuatif, hal ini di pengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya yaitu investasi, tenaga kerja, dan tingkat pendidikan. Data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah data skunder dalam periode pengamatan 2015-2019 dengan metode dokumentasi yang diperoleh dari BPS Provinsi Lampung dan BPS Kota Bandar Lampung. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 16.0. Hasil analisis menunjukan bahwa Secara parsial, variabel investasi berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai signifikansi sebesr (0,023<0,05), variabel tenaga kerja berpengeruh positif dan signifikan dengan nilai signifikansi sebesar (0,006<0,05), dan variabel tingkat pendidikan juga berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai signifikansi sebesar (0,001<0,05) terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Bandar Lampung. Secara simultan investasi, tenaga kerja, dan tingkat pendidikan diperoleh signifikansi sebesar (0,057>0,05) yang artinya secara simultan variabel investasi, tenaga kerja, dan tingkat pendidikan tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Dalam perspektif ekonomi Islam, pertumbuhan ekonomi tidak hanya berorientasi pada peningkatan kesejahteraan, tetapi juga pemerataan dan keadilan distribusi dalam perekonomian. Pertumbuhan ekonomi juga harus memasukan aspek aksiologis (nilai moral) agar pertumbuhan ekonomi tidak hanya berorientasi pada kesejahteraan dunia saja, tetapi juga kesejahteraan akhirat. Kata Kunci: Investasi, Tenaga Kerja, Tingkat Pendidikan, Pertumbuhan Ekonomi dan Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:38
Last Modified: 02 Mar 2022 07:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17971

Actions (login required)

View Item View Item