KONVERGENSI PERTUMBUHAN EKONOMI ANTAR KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Analisis Data Panel 2013-2017)

MUHAMAD, YUSUF BACHTIAR (2022) KONVERGENSI PERTUMBUHAN EKONOMI ANTAR KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Analisis Data Panel 2013-2017). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER - BAB I - II _DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan ekonomi adalah salah satu indikator sebagai ukuran kemajuan pembangunan ekonomi pada suatu negara atau wilayah. Konvergensi sangat diperlukan daerah-daerah tertinggal untuk menyetarakan pertumbuhan ekonomi mereka dengan daerah-daerah maju sehingga tidak terjadi lagi ketimpangan pembangunan antar daerah di dalam suatu wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konvergensi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung tahun 2013 sampai dengan 2017. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pooled Least Square, Fixed Effect Model, dan Random Effect Model. Ketiga model tersebut digunakan untuk melihat tingkat beta konvergen di Provinsi Lampung. Hasil Uji Hausman menunjukkan bahwa dalam penelitian ini model yang lebih cocok digunakan adalah Fixed Effect Model dan Random Effect Model. Berdasarkan hasil estimasi beta konvergen, baik pertmbuhan PDRB per kapita maupun PDRB menunjukkan tingkat konvergensi yang terjadi lebih besar dari nol (>0). Hal ini berarti bahwa pertumbuhan PDRB per kapita dan PDRB antar kabupaten/kota di Provinsi Lampung cenderung divergen. Pertumbuhan ekonomi di daerah miskin relatif masih lambat dibandingkan daerah kaya. Hasil penelian yang dilakukan di 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung pada tahun 2013-2017 menunjukkan bahwa total PDRB antar kabupaten/kota di Provinsi Lampung terus meningkat dan diikuti dengan pendapatan per kapita yang meningkat tiap tahunnya. Pada sisi lain, Islam juga memandang pentingnya pemerataan karena pertumbuhan ekonomi tidak menggambarkan kesejahteraan secara menyeluruh terlebih apabila pendapatan dan faktor produksi banyak terpusat bagi sekelompok kecil masyarakat. Meskipun terjadi peningkatan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2013- 2017, namun pertumbuhan PDRB per kapita antar kabupaten/kota di Provinsi Lampung masih cenderung divergen. Berdasarkan hasil tabel 4.2 diperoleh nilai t�hitung untuk variabel PDRB per kapita (dalam log) sebesar 12,70 lebih besar dari nilai t-tabel sebesar 1,32, maka secara individu variabel PDRB per kapita (dalam log) berpengaruh positif terhadap rata-rata pertumbuhan ekonomi tahun 2013- 2017. Oleh karena itu hasil estimasi konvergensi absolut dengan melihat hasil koefisien regresinya bernilai positif dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi konvergensi, tetapi terjadi divergensi antar kabupaten/kota di Provinsi Lampung yang artinya terjadi ketertinggalan dan ketimpangan. Kata Kunci : Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Per Kapita, Konvergensi, Data Pane

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:39
Last Modified: 02 Mar 2022 07:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17970

Actions (login required)

View Item View Item