PENGARUH PERSEPSI TEKNOLOGI INFORMASI, RISIKO, DAN HANDLING COMPLAINT TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN MOBILE BANKING (Studi pada Bank Mandiri Syariah KCP Kedaton)

NITYA, NUR FRANITA GUNAWAN (2022) PENGARUH PERSEPSI TEKNOLOGI INFORMASI, RISIKO, DAN HANDLING COMPLAINT TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN MOBILE BANKING (Studi pada Bank Mandiri Syariah KCP Kedaton). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI NITYA NUR FRANITA GUNAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pada era teknologi informasi saat ini perilaku konsumen/nasabah banyak mengalami perubahan dalam bertransaksi, salah satunya dalam transaksi perbankan, dimana nasabah sangat mengedepankan aspek kemudahan, fleksibilitas, efisiensi, dan kesederhanaan. Teknologi mobile banking merupakan salah satu jenis pelayanan yang diberikan bank syariah mandiri kepada nasabahnya agar nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dan dimana saja setiap saat tanpa harus datang ke bank langsung. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh persepsi teknologi informasi terhadap minat nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking? 2) Bagaimana pengaruh risiko terhadap minat nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking? 3) Bagaimana pengaruh handling complaint terhadap minat nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking? 4) Bagaimana kualitas pelayanan dalam perspektif islam ? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi teknologi informasi terhadap minat nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking di BSM KCP Kedaton. 2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh risiko terhadap minat nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking di BSM KCP Kedaton. 3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh handling complaint terhadap minat nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking di BSM KCP Kedaton. 4) Untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan dalam perspektif islam pada BSM KCP Kedaton. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sifat asosiatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Sampel penelitian ini sebanyak 60 responden yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Metode analisis data menggunakan uji validitas dan uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f), kemudian data diolah menggunakan aplikasi SPSS 16 for windows. Dari hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa variabel persepsi teknologi informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan secara statistik, variabel risiko memiliki pengaruh negative dan tidak signifikan secara statistik, variabel handling complaint memiliki pengaruh positif dan signifikan secara statistik. Dari hasil uji koefisien Determinasi dapat dijelaskan bahwa adanya pengaruh Teknologi Informasi, Risiko dan Handling Complaint terhadap minat nasabah. Pada prakteknya BSM KCP Kedaton sudah sesuai dengan prinsip Islam karena setiap transaksi yang dilakukan nasabah berdasarkan kerelaan, BSM KCP Kedaton memasarkan produknya secara detail, BSM KCP Kedaton dalam transaksinya selalu menyampaikan sesuai fakta, BSM KCP Kedaton berbuat adil kepada para nasabahnya, tidak membeda�bedakan antar nasabah, dan BSM KCP Kedaton berkomunikasi kepada nasabahnya dengan ramah, baik, dan sopan baik ucapan mupun perbuatan. Kata Kunci : Teknologi Informasi, Risiko, Handling Complaint, Mobile Banking.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:17
Last Modified: 02 Mar 2022 07:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17946

Actions (login required)

View Item View Item