PENGARUH LITERASI KEUANGAN, RISIKO BISNIS DAN PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBIAYAAN MELALUI FINTECH PEER TO PEER LENDING PADA PELAKU UMKM (Studi UMKM Sektor Mikro Di Kota Bandar Lampung)

JULIAN, FITRIANI (2022) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, RISIKO BISNIS DAN PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBIAYAAN MELALUI FINTECH PEER TO PEER LENDING PADA PELAKU UMKM (Studi UMKM Sektor Mikro Di Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi_Cover-Bab I-II_Julia Fitriani.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Julia Fitriani_NPM_1651020294.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha mikro adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri dilakukan oleh perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau anak cabang yang dimiliki, dikuasai dan menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha mikro. Sebagian besar UMKM sektor mikro di Indonesia belum terjangkau oleh pembiayaan dari bank sehingga UMKM sektor mikro di Kota Bandar Lampung menggunakan fintech peer to peer lending sebagai alternatif untuk mendapatkan pinjaman tanpa agunan, rumusan masalah yaitu apakah literasi keuangan, risiko bisnis, dan perlindungan konsumen berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembiayaan melalui fintech peer to peer lending pada pelaku UMKM sektor mikro Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi penelitian UMKM sektor mikro di Bandar Lampung yang pernah atau sedang melakukan pembiayaan melalui fintech peer to peer lending. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive random sampling dan diperoleh 40 responden, data dalam penelitian ini adalah data primer diperoleh melalui penyebaran kuisioner melalui google form. Data diolah dengan menggunakan software SPSS 21, Hasil dalam penelitian ini adalah variabel litarasi keuangan memiliki nilai signifikasi thitung sebesar 0,014>0,05 dan nilai thitung<ttabel sebesar 2,588<2,021. Kesimpulan Literasi Keuangan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembiayaan melalui fintech peer to peer lending pada pelaku UMKM Sektor mikro Risiko bisnis secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembiayaan melalui fintech peer to peer lending pada pelaku UMKM sektor mikro. Perlindungan konsumen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembiayaan melalui fintech peer to peer lending pada pelaku UMKM sektor mikro. Literasi keuangan, risiko bisnis dan perlindungan konsumen diuji secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembiayaan melalui fintech peer to peer lending pada pelaku UMKM sektor mikro. Menurut prinsip syariah fintech peer to peer lending tidak sesuai dengan prinsip syariah karena dalam pengembalian pembiayaan terdapat tambahan (riba). Kata kunci: Literasi Keuangan, Risiko Bisnis, Perlindungan Konsumen, Fintech, Peer To Peer Lending

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:57
Last Modified: 02 Mar 2022 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17922

Actions (login required)

View Item View Item