PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA) DAN THIN CAPITALIZATION TERHADAP PENGH�INDARAN PAJAK (TAX AVOIDANCE) MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Indeks Saham Syariah Indonesia Periode 2017-2019)

DITA, PUSPITA SARI RAMDIAH (2022) PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA) DAN THIN CAPITALIZATION TERHADAP PENGH�INDARAN PAJAK (TAX AVOIDANCE) MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Indeks Saham Syariah Indonesia Periode 2017-2019). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER. BAB 1. BAB 2 , DAPUS  DITA PUSPITA SARI RAMDIAH.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DITA PUSPITA SARI RAMDIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pajak merupakan sumber penerimaan negara yang paling potensial serta menempati presentase tertinggi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dibandingkan dengan penerimaan yang lainnya. Akan tetapi presentase penerimaan pajak menurun setiap tahunnya. Salah satu kendala menurunnya peneriman pajak karena penghindaran pajak Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah variabel return on asset (ROA) dan thin capitalization berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dengan sifat penelitian yaitu asosiatif kausal menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website resmi idx yaitu www.idx.co.id berupa laporan keuangan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2017-2019. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah (ISSI) periode 2017-2019. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purpose sampling dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa return on asset (ROA) berpengaruh negative dan signifikan terhadap penghindaran pajak dengan nilai signifikansi 0,016<0,05 dari nilai alpha dan tHitung sebesar -2,456. Thin capitalization berpengaruh positif dan signifikan terhadap penghindaran pajak dengan nilai signifikansi 0,029<0,05 dari nilai alpha dan tHitung sebesar 2,214. Secara simultan return on asset (ROA) dan thin capitalization berpengaruh positif dan signifikan diperoleh nilai FHitung (7,453) > FTabel (3,09). Dalam perspektif Islam penghindaran pajak dilarang karena bertentangan dengan prinsip-prinsip etika bisnis islam yaitu: kejujuran, amanah, kesadaran social, dan keadilan. Kata Kunci : Return On Asset (ROA), Thin Capitalization, Penghindaran Pajak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:51
Last Modified: 02 Mar 2022 06:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17919

Actions (login required)

View Item View Item