MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI KELOMPOK B.1 RA AL-ULYA BANDAR LAMPUNG

Ayudia, Rizki (2017) MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI KELOMPOK B.1 RA AL-ULYA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI RA AL- ULYA BANDAR LAMPUNG Oleh Rizki Ayudia Kemampuan sosial emosional anak di RA Al-Ulya Bandar Lampung masih tergolong rendah, ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya peserta didik yang kurang aktif dan kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan pengembangan terutama dalam perkembangan sosial emosional. Maka mendorong pendidik untuk mengembangkannya melalui Metode Bercerita. Metode bercerita adalah salah satu metode yang digunakan untuk mengembangkan sosial emosional anak. Karena dengan memilih metode yang tepat maka dapat menjadi penunjang keberhasilan pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak melalui Metode Bercerita di RA Al-Ulya Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas atau lazim disebut Classroom Action Risearch. Alat pengumpul data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam rangkaian langkah dengan beberapa siklus, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada siklus I dan siklus II maka dapat penulis simpulkan bahwa metode bercerita dapat mengembangkan sosial emosional anak pada kelompok B.1 di RA Al-Ulya Bandar Lampung. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan kemampuan sosial emosional anak, anak didik yang berkembang sangat baik/BSB pada siklus I pertemuan ke-1 mencapai 0%, pada pertemuan ke-2 mencapai 5 %, pertemuan ke-3 mencapai 5 %, sedangkan pada pertemuan ke-4 mencapai 5%. Kemudian pada siklus II pertemuan ke-5 mencapai 19 %, pada pertemuan ke-6 mencapai 23%, pertemuan ke-7 48%, dan pada pertemuan ke-8 mencapai 86%. Kata kunci : Anak Usia Dini, Sosial Emosional, dan Metode Bercerita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 28 Feb 2017 08:20
Last Modified: 28 Feb 2017 08:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/179

Actions (login required)

View Item View Item