ANALISIS PENYALURAN DANA ZIS UNTUK PENDIDIKAN DI LAZNAS DEWAN DAKWAH LAMPUNG (Studi Pada Laznas Dewan Dakwah Rajabasa Bandar Lampung

MAR"ATUN, SALEKHAH (2022) ANALISIS PENYALURAN DANA ZIS UNTUK PENDIDIKAN DI LAZNAS DEWAN DAKWAH LAMPUNG (Studi Pada Laznas Dewan Dakwah Rajabasa Bandar Lampung. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 5 DAPUS  Mar’atun Salekhah.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI  Mar’atun Salekhah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PENYALURAN DANA ZIS UNTUK PENDIDIKAN DI LAZNAS DEWAN DAKWAH LAMPUNG Oleh MAR’ATUN SALEKHAH Laznas Dewan Dakwah Lampung merupakan salah satu lembaga amil zakat yang bertugas menghimpun sekaligus menyalurkan dana zakat kepada masyarakat yang berhak menerima ZIS tersebut. Dapat dilihat dari berbagai program yang telah dimiliki Laznas Dewan Dakwah Lampung dalam rangka berhasilnya pada penyaluran zakat kepada para mustahiq. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep penyaluran dana ZIS Untuk Pendidikan di Laznas DDI kota Bandar Lampung, Bagaimana Konsep Penyaluran dana ZIS Untuk Pendidikan di Laznas DDI kota Bandar Lampung dalam perspektif Ekonomi Islam, dan Apakah kendala penyaluran dana ZIS untuk pendidikan di Laznas DDI Kota Bandar Lampung. Adapun tujuan penelitian ini mengetahui bagaimana konsep penyaluran dana ZIS Untuk Pendidikan di Laznas DDI Kota Bandar Lampung, mengetahui bagaimana konsep penyaluran dana ZIS Untuk Pendidikan di Laznas DDI Kota Bandar Lampung dalam perspekif Ekonomi Islam, mengetahui kendala penyaluran dana ZIS untuk pendidikan di Laznas DDI Kota Bandar Lampung. Teori yang digunakan yaitu teori pendistribusian, Definisi Pendistribusian, Tujuan Pendistribusian, Manfaat Pokok Dan Tambahan, Sistem Distribusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi populasi penulis dalam penelitian ini adalah pemimpin dan karyawan Laznas Dewan Dakwah Lampung. Sample dalam penelitian ini adalah Ketua Laznas Dewan Dakwah Lampung dan Admin Keuangan. Dalam hasil penelitian ini bentuk penyaluran dana ZIS Laznas Dewan Dakwah Lampung untuk pendidikan memiliki program yang telah di susun, progam pada pendidikan yaitu meliputi: Beasiswa Santri Penghafal Qur‟an, PPTQ Dewan Dakwah, MA Dewan Dakwah, Keperluan seragam dan perlengkapan sekolah, Beasiswa kuliah, dan ADI Dewan Dakwah. Dan dalam proses penghimpunan dana ZIS dilakukan dengan suatu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Sehingga akan terciptanya suatu keberhasilan dalam suatu organisasi maka akan berjalan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 04:59
Last Modified: 02 Mar 2022 04:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17889

Actions (login required)

View Item View Item