PERAN KELOMPOK TANI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Desa Bandar Baru Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat)

ARLIS, PRIMADANI (2022) PERAN KELOMPOK TANI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Desa Bandar Baru Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ARLIS revisi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kelompok tani adalah kumpulan petani, peternak, perkebunan yang dibentuk atas dasar persamaan kondisi lingkungan (sosial, ekonomi, sumber daya) dan keakraban untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha anggota. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kelompok tani terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Bandar Baru Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat, dan bagaimana peranan kelompok tani terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Bandar Baru dalam sudut pandang Ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kelompok tani terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Bandar Baru Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat dan untuk mengetahui Peran kelompok tani terhadap kesejahteraan masyarakat perspektif Ekonomi Islam. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analitik. Penelitian ini termasuk penelitian populasi karena seluruh jumlah populasi dijadikan sampel yakni 15 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah peranan yang dilakukan oleh kelompok tani Ragam Gawe sesuai dengan strategi atau langkah�langkah pengembangan peranan kelompok tani yang mencakup peran pelatihan SDM, pendanaan, pemasaran dan pendampingan atau pengawasan yang dilakukan oleh kelompok tani terhadap anggota, walaupun pada beberapa kegiatan belum berjalan secara optimal. Sedangkan dalam perspektif Ekonomi Islam upaya yang dilakukan sudah dilakukan dengan baik tetapi hanya sampai pada pemenuhan kebutuhan Dharuriyat (Primer) dan Hajiyat (Sekunder) sedangkan kebutuhan Tahsiniyat (Tersier) menunaikan rukun islam yang kelima yaitu ibadah haji belum bisa terpenuhi. Kata Kunci: Kelompok Tani, Kesejahteraan Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 07:37
Last Modified: 01 Mar 2022 07:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17855

Actions (login required)

View Item View Item