ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN ANTAR BANK SYARIAH (Studi Pada Bank Syariah Metro Madani)

Rahmat, Muzidra (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN ANTAR BANK SYARIAH (Studi Pada Bank Syariah Metro Madani). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAHMAT MUZIDRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Di Indonesia sendiri perbankan syariah itu berkembang dan semakin meningkat/ semakin banyak, hal ini menyebabkan persaingannya semakin ketat. Terjadinya persaingan antar lembaga keuangan yang mengharuskan Bank Syariah Metro Madani Kantor Pusat untuk berinovasi produknya, seperti pembiayaan murabahah. Untuk menjaga keberlangsungan produknya, Bank Syariah Metro Madani harus menetapkan strategi pemasarannya yang lebih tepat sasarannya. Strategi pemasaran ini dimaksudkan agar masyarakat mengetahui dan mengenal produk pembiayaan murabahah. Oleh karena itu, sangat diperlukan pemasaran yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai pemasaran dalam ajaran islam, khususnya Bank Syariah Metro Madani guna meningkatkan nasabahnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) bagaimana strategi pemasaran pada produk pembiayaan murabahah yang dilakukan pada Bank Syariah Metro Madani dan 2) bagaimana Bank Syariah Metro Madani dalam menghadapi persaingan produk pembiayaan murabahah dengan Bank Syariah lainnya. Lalu tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui strategi pemasaran pada produk pembiayaan murabahah yang dilakukan pada Bank Syariah Metro Madani, dan 2) untuk mengetahui yang dilakukan Bank Syariah Metro Madani dalam menghadapi persaingannya dengan Bank Syariah lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan metode kualitatif yang lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam pada suatu masalah. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data didapatkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi dan metode analisis menggunakan analisis deskritif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) strategi pemasaran yang digunakan Bank Syariah Metro Madani dalam meningkatkan pembiayaan murabahah yaitu dengan menggunakan marketing mix/ bauran pemasaran yang terdiri dari 7P (product, price, place, promotion,people physical evidence, process). 2) strategi di Bank Syariah Metro Madani dalam menghadapi persaingannya yaitu ii ada 2 , adalah strategi pemasaran dan strategi pengembangan produk. Dan strategi itu cukup baik dan tepat sasarannya. Kata Kunci: Analisis Strategi Pemasaran, Produk Pembiayaan Murabahah, Persaingan Antar Bank Syariah. iii ABSTRACT In Indonesia itself, Islamic banking is developing and increasing / increasing, this causes the competition to be tighter. There was competition between financial institutions that required the Head Office of the Metro Madani Syariah Bank to innovate its products, such as murabaha financing. To maintain the sustainability of its products, Bank Syariah Metro Madani must establish a more targeted marketing strategy. This marketing strategy is intended so that the public knows and is familiar with murabahah financing products. Therefore, it is necessary to have good marketing and in accordance with the marketing values in Islamic teachings, especially the Metro Madani Islamic Bank in order to increase its customers. The formulation of the problems in this study are: 1) how is the marketing strategy for murabahah financing products carried out at the Metro Madani Islamic Bank and 2) how is the Metro Madani Islamic Bank in facing the competition for murabahah financing products with other Islamic banks. Then the objectives of this study are 1) to determine the marketing strategy of murabahah financing products carried out at Metro Madani Islamic Bank, and 2) to find out what is done by Metro Madani Islamic Bank in facing its competition with other Islamic Banks. This study uses field research methods (Field Research) with qualitative methods that emphasize the in-depth understanding of a problem. The data used are primary data and secondary data. Data obtained by means of observation, interviews and documentation and analysis methods using qualitative descriptive analysis. Based on the results of this study, it shows that 1) the marketing strategy used by Metro Madani Syariah Bank in increasing murabahah financing is by using a marketing mix consisting of 7P (product, price, place, promotion, people physical evidence, process). 2) the strategy in Bank Syariah Metro Madani in facing the competition, namely there are 2, is a marketing strategy and product development strategy. And that strategy is good enough and right on target. Keywords: Marketing Strategy Analysis, Murabahah Financing Products, Competition between Islamic Banks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 07:34
Last Modified: 01 Mar 2022 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17854

Actions (login required)

View Item View Item