PENGARUH PENERAPAN PERATURAN PEMERINTAH SATU TARIF UNTUK TRANSPORTASI ONLINE TERHADAP PENDAPATAN DRIVER TRANSPORTASI ONLINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Driver Ojek Online di Kota Bandar Lampung)

TRI, JULIYA UTARI (2022) PENGARUH PENERAPAN PERATURAN PEMERINTAH SATU TARIF UNTUK TRANSPORTASI ONLINE TERHADAP PENDAPATAN DRIVER TRANSPORTASI ONLINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Driver Ojek Online di Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI TRI JULIYA UTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Transportasi Online menawarkan kemudahan, kenyamanan, biaya yang lebih murah, dan keamanan yang lebih terjamin. Pemerintah menerbitkan peraturan melalui keputusan menteri perhubungan republik Indonesia no KP 348 tahun 2019 tentang pedoman perhitungan biaya jasa penggunaan sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat yang dilakukan dengan aplikasi. Terdapat selisih tarif dari tarif yang semula. Penelitian ini penggunakan teori pendapatan menurut Milton fridmen yang menyatakan bahwa Pendapatan permanen akan meningkat bila individu menilai kualitas dirinya semakin baik dan mampu bersaing dipasar.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer, melalui hasil penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik kemudian diuji dengan uji hipotesis yaitu uji regresi linear sederhana. Hasil uji hipotesis menggunakan Teknik analisis regresi linear sederhana, diperoleh hasil nilai t hitung 8,715 lebih besar dari t tabel 0.2324 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,1. Tingkat signifikansi < 0,1 maka hal ini menunjukan bahwa Ha diterima, artinya Penerapan peraturan pemerintah satu tarif berpengaruh terhadap pendapatan Driver ojek Online dalam perspektif Ekonomi Islam. Dengan adanya penerapan satu tarif batas atas (TBA), tarif batas bawah (TBB) dan tarif minimum dari Kementrian Perhubungan memberikan jaminan ongkos biaya, tarif yang adil, sewa aplikator dan menciptakan kenyamanan penumpang dengan tarif yang mudah dijangkau selain itu lama jam kerja, jumlah penumpang, poin dan bonus harian yang dapat meningkatkan penghasilan para driver ojek online. Penerapan peraturan satu tarif membuat driver Grab dan Gojek mampu bersaing, menjadi solusi dalam ketimpangan tarif, serta mencegahnya persaingan tarif yang tidak sehat. Berdasarkan prinsip-prinsip Ekonomi Islam peraturan penerapan batas tarif atas, bawah dan minimum pemerintah sudah sesuai dengan prinsip-prinsip Ekonomi Islam yaitu keadilan, keseimbangan, ketauhidan, kebebasan dan prinsip khilafah. Kata Kunci: Peraturan Pemerintah Satu Tarif, Pendapatan Ojek Online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 07:30
Last Modified: 01 Mar 2022 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17852

Actions (login required)

View Item View Item