ANALISIS DAMPAK PASAR MODERN TERHADAP PARA PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pedagang Pasar Tradisional Tugu Kota Bandar Lampung)

Mustika, Sari (2022) ANALISIS DAMPAK PASAR MODERN TERHADAP PARA PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pedagang Pasar Tradisional Tugu Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 Dan 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUSTIKA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Pasar juga merupakan kegiatan ekonomi yang menjadi salah satu wujud adaptasi manusia terhadap lingkungannya. Pasar selama ini telah menyatu dan memiliki tempat paling penting dalam kehidupan masyarakat dan menjadi tempat untuk berinteraksi sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimanakah Dampak Pasar Modern Terhadap Para Pedagang Tradisional Di Pasar Tugu Kota Bandar Lampung? 2)Bagaimanakah Dampak Pasar Modern Terhadap Para Pedagang Tradisional di Pasar Tugu Kota Bandar Lampung Dalam Persfektif Ekonomi Islam?. Dan tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk Mengetahui Dampak Pasar Modern Terhadap Para Pedagang Tradisional Di Pasar Tugu Kota Bandar Lampung, 2) Untuk Mengetahui Dampak Pasar Modern Terhadap Para Pedagang Tradisional di Pasar Tugu Kota Bandar Lampung Dalam Persfektif Ekonomi Islam. Pasar modern yang dimaksud dalam penelitian ini adalah Alfamart dan Indomart. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini hanya pedagang sembako, pedagang makanan ringan, dan pedagang kosmetik. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa dengan adanya pasar modern yang jaraknya berdekatan dengan pasar tradisional berdampak pada para pedagang yaitu berkurangnya jumlah konsumen, dan pendapatan. Adapun dampak lain yang ditimbulkan yaitu menurunnya omset penjualan para pedagang pasar tradisional serta dijadikannya bahan perbandingan oleh masyarakat dalam memilih tempat belanja, sehingga pasar tradisional tugu menjadi kurang diminati. Dan bahwa dalam hal ini, pasar tradisional tugu diharapakan sudah sesuai dengan prinsip-prinsip Ekonomi Islam dilihat dari segi kualitas produk, kualitas pelayanan, dan takaran timbangan, serta pemahaman kebutuhan dan keinginan konsumen.pasar modern juga diharapkan sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam dilihat dari segi kualitas produk. Sehingga pasar tradisional tugu dan pasar modern diharapkan sudah sesuai dengan perspektif Ekonomi Islam. Kata kunci: Dampak, Pasar Modern, Pasar Tradisional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 06:51
Last Modified: 01 Mar 2022 06:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17839

Actions (login required)

View Item View Item