DAMPAK EKONOMI KREATIF TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Industri Gerabah Natar Lampung Selatan)

ARIF, RAHMANDA (2022) DAMPAK EKONOMI KREATIF TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Industri Gerabah Natar Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT 1.2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP     Arif Rahmanda.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK DAMPAK EKONOMI KREATIF TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Industri Gerabah Natar Lampung Selatan) Ekonomi kreatif adalah manifestasi dari semangat bertahan hidup yang sangat penting bagi negara-negara maju dan juga menawarkan peluang yang sama untuk negara-negara berkembang. Subsektor industri kreatif merujuk kepada Departemen Perdagangan Republik Indonesia tahun 2010, terdapat 14 subsektor antara lain: periklanan, arsitektur, pasar dan barang seni, kerajinan, desain, fesyen, film, permainan interaktif, musik, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, layanan computer, televisi dan radio, riset dan pengembangan. Saat ini Provinsi Lampung telah mengupayakan pengembangan industri kreatif melalui Dekranasda Kabupaten Lampung Selatan, yaitu berupa industri kerajinan gerabah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah dampak dan peran ekonomi kreatif yang dikembangkan melalui industri gerabah di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan terhadap penyerapan tenaga kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat, dan Bagaimanakah Pandangan Ekonomi Islam mengenai dampak pengembangan ekonomi kreatif yang ada pada industri gerabah di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan terhadap penyerapan tenaga kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yang telah dijelaskan di atas. Adapun penelitian yang akan dilaksanakan ini merupakan penelitian yang sifatnya deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah, pengembangan ekonomi kreatif melalui industri gerabah memberikan dampak positif terhadap aktivitas perekonomian masyarakat. Sebelumnya, masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai buruh hanya bergantung pada permintaan untuk penggunaan jasa mereka, sehingga terkadang mereka tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup. Pengembangan iii ekonomi kreatif melalui industri gerabah juga berdampak pada pendapatan masyarakat, dimana sebelumnya tingkat pendapatan informan masih tergolong rendah yaitu Rp 1.000.000,-/bulan. Sesudah adanya pembangunan pendapatan informan mengalami peningkatan yakni di atas Rp 1.000.000,-/bulan dari pekerjaan sampingan mereka. Kegiatan ekonomi dalam pandangan Islam pada dasarnya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup seseorang secara sederhana, memenuhi kebutuhan keluarga, serta sumbangan menurut jalan Allah. Begitupun kegiatan ekonomi kreatif yang dilakukan masyarakat harus sesuai dengan nilai-nilai dasar ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 06:38
Last Modified: 01 Mar 2022 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17833

Actions (login required)

View Item View Item