DETERMINAN MINAT NASABAH MENGGUNAKAN DIGITAL BANKING DENGAN MENGGUNAKAN METODE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT) DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG BELITANG TAHUN 2019-2020

ATIK, AFIFAH (2022) DETERMINAN MINAT NASABAH MENGGUNAKAN DIGITAL BANKING DENGAN MENGGUNAKAN METODE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT) DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG BELITANG TAHUN 2019-2020. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi ATIK AFIFAH 1-5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi ATIK AFIFAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini digital banking menjadi media alternatif pelayanan bagi nasabah, bukan hanya untuk wilayah perkotaan namun juga wilayah yang jauh dari kota seperti daerah Belitang, hal ini terlihat pada grafik pertumbuhan jumlah nasabah pengguna digital banking sebanyak 9.487 nasabah tahun 2019-2020. Respon positif terhadap fasilitas digital banking ini menciptakan peningkatan permintaan layanan, maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat nasabah menggunakan digital banking. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh harapan kinerja, exspetasi usaha, pengaruh sosial, dan kondisi yang memfaislitasi terhadap minat nasabah menggunakan digital banking di BSM Cabang Belitang tahun 2019-2020? dan Bagaimana pengaruh harapan kinerja, exspetasi usaha, pengaruh sosial, dan kondisi yang memfasilitasi terhadap minat nasabah menggunakan digital banking dengan metode UTAUT dalam persepektif ekonomi Islam di BSM cabang belitang? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh harapan kinerja, exspetasi usaha, pengaruh sosial, dan kondisi yang memfaislitasi terhadap minat nasabah menggunakan digital banking di BSM Cabang Belitang tahun 2019-2020 dan untuk mendeskripsikan pengaruh harapan kinerja, ekspetasi usaha, pengaruh sosial, dan kondisi yang memfasilitasi terhadap minat nasabah menggunakan digital banking dengan metode UTAUT dalam persepektif ekonomi Islam. Jenis lapangan dengan metode kuantitatif, sumber data primer yaitu dengan membagikan kuisioner kepada nasabah. Dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan pengujian hipotesis menggunakan metode SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukan harapan kinerja, exspetasi usaha, dan pengaruh sosial berpengaruh secara positif signifikan terhadap minat nasabah menggunakan digital banking, tetapi kondisi yang memfasilitasi tidak berpengaruh terhadap nasabah menggunakan digital banking. Nilai F�statistik sebesar 3.020 > 2.460 F-tabel atau nilai P Values 0.017 < 0,05 sehingga secara simultan harapan kinerja, exspetasi usaha, pengaruh sosial, berpengaruh secara positif signifikan terhadapan nasabah menggunakan digital banking, kedua bahwasannya Islam mengajarkan kita untuk menggunakan teknologi sesuai dengan prinsip ekonomi Islam, tanpa adanya unsur riba, gharar, maysir, dan tadlis. Kata Kunci: Bank Syariah, Digital Banking, Metode Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT). Kata Kunci: Bank Syariah, Digital Banking, Metode Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 06:02
Last Modified: 01 Mar 2022 06:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17821

Actions (login required)

View Item View Item