DAMPAK IMPLEMENTASI PROGAM KELUARGA BERENCANA TERHADAP KESEJATERAAN MASAYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Sidorejo Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten LampungTimur)

SITI, MAMLU’AH (2022) DAMPAK IMPLEMENTASI PROGAM KELUARGA BERENCANA TERHADAP KESEJATERAAN MASAYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Sidorejo Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten LampungTimur). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI MAMLUAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK DAMPAK IMPLEMENTASI PROGAM KELUARGA BERENCANA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Judul penelitian ini studi tentang dampak program keluarga berencana (KB) di Desa Sidorejo Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur . Progam KB merupakan salah satu bentuk pelaksanaan total progam KKBPK secara utuh untuk melibatkan seluruh bidang dilingkungan BKKBN. Progam kb diharapkan akan membuat progam kb bergema kembali dan dapat menjangkau masyarakat terutama yang berbeda di desa desa dan kampung – kampung seluruh Indonesia, pemerintah mencanangkan gerakan keluarga berencana pada ahir tahun 1970 dengan tujuan meningkatkan jumlah penduduk untuk menggunakan alat kontrasepsi dan menurunkan jumlah angka kelahiran bayi. Dengan demikian kegiatan yang dilakukan pada progam kb tidak hanya identic dengan penggunaan penggunaan dan pemasangan alat kontrasepsi. Akan tetapi merupakan sebuah progam pembangunan terpadu dan terintregrasi dengan berbagai progam pembangunan lainnya. Untuk mengatasi masalah ekonomi dan kesejahteraan yang terjadi di Indonesia pemerintah telah menetapkan salah satu progam yaitu progam KB yang diterapkan di desa sidorejo sekampung udik lampung timur. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi progam kb dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa sidorejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data dengan menggunakan dengan teknik kualitatif dengan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan program KB masyarakat dapat lebih fokus dalam menentukan masa depan keluarga dikarenakan beban keluarga yang stabil dengan berkurangnya angka kelahiran serta hubungan antara istri dan suami dapat saling membantu dalam mensejahterakan keluarga serta tidak mempengaruhi keharmonisan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2022 07:09
Last Modified: 25 Feb 2022 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17791

Actions (login required)

View Item View Item